Kamis, 21 Sep 2017
radarbanyuwangi
Kesehatan

Operasi Tulang Gratis di RS Al Huda Genteng

Selasa, 11 Jul 2017 12:00 | editor : Ali Sodiqin

REHABILITASI MEDIK : pasien sedang melakukan latihan fisioterapi paska operasi orthopedi

REHABILITASI MEDIK : pasien sedang melakukan latihan fisioterapi paska operasi orthopedi (RSAH FOR RABA)

Genteng- Melegakan!! Begitu yang dirasakan Warsono (50) merasakan kondisinya setelah operasi orthopedic dan dirawat di Rumah Sakit Al Huda (RSAH) Genteng. Setelah menjalani operasi yang semula masih merasakan sakit sekarang sudah ada kemajuan. Kecelakaan yang dialami Warsono setelah bertabrakan membuat dia mengalami patah kaki.
Awalnya begitu mendengar kata operasi tulang dengan biaya selangit dirinya sempat putus asa. “Untung ada mbak petugas yang menjelaskan kalau bisa operasi tanpa biaya bila memiliki kartu BPJS Kesehatan, dan mbak mbak itu juga yang membantu menguruskan. Kebetulan kami sekeluarga memang memperoleh kartu KIS karena kondisi ekonomi yang tidak mampu.” tuturnya.
“Kebetulan pada pasien ini kejadiannya diakibatkan oleh kecelakaan lalu lintas, sehingga ada mekanisme COB/ Coordination Of Benefit antara BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja dalam membiayai kasus ini”, ujar dr Suryadinata, Manajer Pelayanan Medis RSAH. “Sehingga pasien tidak perlu memikirkan biaya apapun untuk pengobatannya” lanjut Surya.
Sementara itu dr. Anthony Yusbida, Sp. OT, Dokter Spesialis Orthopaedi RSAH yang mengoperasi Warsono menjelaskan,“yang dialami Warsono adalah Fraktur (patah) Collum femur. Fraktur Collum femur adalah patah tulang yang paling sering terjadi, yaitu terputusnya tulang pada daerah leher tulang paha. Fraktur Collum femur sering terjadi pada usia diatas 60 tahun. Tetapi masih ada banyak penyebab lainnya, seperti jatuh, kecelakaan lalu lintas, aktivitas yang berat dan trauma” ujarnya.
Dr. Soegeng Hery P, MMRS, Manajer Rawat Jalan menambahkan, “Keberhasilan dari pembedahan tidak berhenti ketika meninggalkan ruang operasi. Dokter bedah telah melakukan prosedur pembedahan yang merupakan langkah awal menuju hasil yang sukses. Meskipun begitu, Anda harus melakukan sejumlah latihan untuk mengoptimalkan hasilnya”. 
“Setelah pembedahan ortopedi, biasanya akan selalu diperlukan latihan untuk kembali mendapatkan kekuatan, fleksibilitas dan fungsi seluruhnya. Klinik fisioterapi dapat membantu teknik-tekniknya, Fisioterapis akan membantu Anda bergerak setelah menjalani pembedahan. Pada tahap lanjut, fisioterapis akan memberikan program latihan rehabilitasi yang sesuai untuk mengembalikan gerak dan kekuatan Anda”, urainya.
“Bagi yang ingin konsultasi silahkan bisa menghubungi Klinik Fisioterapi RS Al Huda di Jalan Raya Gambiran No. 225 Telp. 0333-842034 ext. 594”, pungkasnya.

(bw/als/als/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia