Rabu, 17 Jan 2018
radarbali
icon featured
Dwipa

Lagi, Suara Gemuruh dan Tanah Bergetar Iringi Letusan Gunung Agung

Minggu, 10 Dec 2017 05:15 | editor : ali mustofa

gunung agung, aktivitas seismik, pipa magma

ASAP TIPIS: Asap tipis menyembur dari atas kawah Gunung Agung saat diabadikan dari Selat kemarin (Wayan Putra/Radar Bali)

AMLAPURA - Aktifitas Gunung Agung terus mengalami peningkatan kemarin. Sekalipun tampak tenang, namun gunung tertinggi di Bali tersebut tercatat lima kali meletus.

Ini terjadi sejak pagi sampai sore hari kemarin. Luncuran asap kelabu tinggi terjadi pagi hari sekitar pukul 08.00 wita.

Letupan ini diakui pihak PVMBG sebagai letusan freatik. Dan, letusan freatik seperti ini memang sering terjadi di gunung api yang tengah masa aktif.

Sementara berdasar catatan PVMBG kemarin tercatat ada beberapa letusan dari jam 06.00 wita sampai jam 12.00 wita. Selain itu terjadi juga 15 kali gempa embusan.

Suara gemuruh juga terdengar dari Dusun Sogra, tepatnya di parkir I Pura pasar Agung. Selain suara gemuruh, juga ada getaran terasa di sekitar wilayah itu.

“Ya, saya dengar suara gemuruh cukup keras dan juga tanah bergetar,” ujar Putu Samiana relawan Pesebaya asal Selat yang kemarin secara langsung melakukan pengecekan ke Dusun Sogra.

Suara gemuruh juga terdengar di Desa Dukuh, Kubu. Hanya saja di tempat itu tidak ada hujan abu. Suara gemuruh juga terdengar dari Dusun Temukus, utara Pura Agung Besakih, Karangasem.

(rb/tra/mus/mus/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia