Minggu, 17 Dec 2017
radarbali
icon featured
Travelling

Makepung Masuk Kalender Event Internasional

Minggu, 19 Nov 2017 12:45 | editor : ali mustofa

lomba makepung, dispar jembrana

Makepung (dok.radarbali)

RadarBali.com – Lomba Makepung Jembrana Cup 2017 yang digelar Minggu (19/11) hari ini di sirkuit Makepung Satwa Jayante, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, dipastikan menyedot ribuan pengunjung.

Mereka dipastikan menyaksikan lomba balap kerbau khas Jembrana ini. Pada lomba tahun ini, ratusan pasang kerbau akan meramaikan lomba.

Kepal Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana Nengah Alit mengatakan, Lomba Makepung Jembrana Cup 2017 ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan sebagai salah satu daya tarik wisata di Jembrana.

Karena itu, event tahunan ini masuk dalam kalender event internasional sehingga pelaku wisata sudah mengetahui dan mengajak tamunya ke Jembrana.

“Undangan juga sudah disebarkan,“ ujar Nengah Alit. Sebelum digelar Lomba Makepung, Sabtu (18/11) malam diselenggarakan sarasehan dengan para peserta Lomba Makepung Jembrana Cup 2017 bersama Bupati Jembrana I Putu Artha.

Dalam sarasehan tersebut dibahas mengenai makepung secara umum dan program pemerintah dalam melestarikan tradisi makepung.

Menurut Alit, untuk menjaga tradisi makepung, Pemerintah Kabupaten Jembrana bakal memberikan fasilitas penunjang kegiatan makepung yang sudah ditata dengan baik.

Harapannya, fasilitas tersebut digunakan dengan baik untuk menjaga tradisi Jembrana. Ada tiga sirkuit yang ditata secara bertahap.

Sirkuit lain juga akan ditata agar para pemain makepung ini merasa nyaman mempertahankan tradisi.

Disamping itu menjadi penunjang pariwisata, sehingga bisa menambah kunjungan wisatawan ke Jembrana.

Pasalnya, tradisi makepung adalah sesuatu yang khas dari Jembrana. Dengan fasilitas semakin baik, maka semakin sering dilaksanakan event makepung.

“Diharapkan kunjungan wisatawan setiap tahun meningkat.” terangnya. Ketua Panitia Makepung Jembrana Cup 2017 I Made Mara mengatakan, jumlah peserta lomba Makepung Jembrana Cup tahun ini sebanyak 272.

Terdiri dari regu Ijogading Barat 157 pasang dan Ijogading Timur 115. “Persiapan sudah cukup matang, tinggal pelaksanaan saja, “tegasnya.

(rb/bas/mus/mus/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia