Kamis, 23 Nov 2017
radarbali
icon featured
Zetizen Radar Bali

Begadang Filmmaking Competition, Ajak Bikin Film Sambil Begadang

Selasa, 12 Sep 2017 19:05 | editor : ali mustofa

AYO BEGADANG!: Dokumentasi proses produksi dari salah satu peserta Begadang Filmmaking Competition, yakni Syahdu Cinema Nusantara. Mereka harus menyelesaikan sebuah project film pendek dalam kurun waktu 34 jam.

AYO BEGADANG!: Dokumentasi proses produksi dari salah satu peserta Begadang Filmmaking Competition, yakni Syahdu Cinema Nusantara. Mereka harus menyelesaikan sebuah project film pendek dalam kurun waktu 34 jam. (Istimewa)

RadarBali.com - BEGADANG Filmmaking Competition adalah kompetisi unik dengan skala nasional yang menantang para pesertanya untuk menyelesaikan film pendek mereka dengan batas waktu produksi 34 jam.

Kompetisi perdana ini dirancang dan diselenggarakan oleh organisasi film pendek Minikino sebagai kegiatan pra-event dari acara 3rd Minikino Film Week.

Pendaftaran dibuka tanggal 20 Juli 2017 sampai 25 Agustus 2017. Proses pendaftaran dilakukan secara on-line.

Tercatat ada 40 tim yang mendaftar, namun hanya 30 tim yang memenuhi persyaratan untuk maju ke tahap produksi.

Para peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimatan Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali.

Kegiatan utama kompetisi adalah proses pembuatan film yang dilakukan para peserta di lokasi mereka masing-masing dan telah berlangsung pada hari Sabtu, 2 September 2017 tepat jam 08.00 WITA.

“Panitia memberi aba-aba memulai kompetisi lewat online dengan membocorkan panduan-panduan elemen audio visual yang wajib ditampilkan. Dengan panduan tersebut, peserta harus menyelesaikan sebuah film pendek dalam kurun waktu 34 jam,” ujar Edo Wulia selaku Direktur Minikino.

Setelah kompetisi berakhir pada hari Minggu, 3 September 2017 pukul 18.00 WITA, hanya 17 tim produksi yang berhasil menyelesaikan misi mereka.

Dari 17 karya tersebut, tim seleksi memilih 6 karya terbaik untuk masuk ke penilaian final yang akan menentukan juara 1, 2 dan 3 nasional.

Keenam finalis tersebut nantinya akan diundang ke Bali pada saat festival film pendek internasional 3rd Minikino Film Week berlangsung, yaitu 7-14 Oktober 2017.

Pada malam penganugerahan nanti akan diumumkan film pendek terbaik pertama, kedua dan ketiga untuk memperebutkan hadiah uang tunai sebesar 10 juta rupiah.

Nah, tim produksi mana saja yang berhasil lolos ke penilaian final? Berikut adalah daftarnya dan kami ucapkan selamat kepada yang lolos ke tahap penilaian final!

(rb/fid/mus/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia