Jumat, 22 Sep 2017
radarbali
Zetizen Radar Bali

Jamin Layanan Pesan Antar Lebih Cepat, Elevenia Gandeng Go-Jek

Sabtu, 08 Jul 2017 13:07 | editor : Super Administrators

Elevenia menggandeng Go-jek untuk layaanaan antara cepat

Elevenia menggandeng Go-jek untuk layaanaan antara cepat (Istimewa/dok elevenia)

JawaPos.com - Sejumlah e-commerce memberikan kemudahan kepada pelanggannya dengan berbagai layanan pesan antar menggunakan kurir. Demi memenuhi permintaan pelanggan agar sistem pengiriman barang lebih cepat, elevenia resmi menggandeng Go-Send, sebagai mitra kurir untuk menyediakan layanan pengiriman dalam satu hari (Same Day Delivery Service). Sebagai tahap awal, layanan ini bisa digunakan oleh pelanggan di wilayah Jabodetabek.

“Layanan ini diselenggarakan karena semakin banyak permintaan dari buyer untuk bisa mendapatkan barang dalam waktu cepat," kata GM Customer Service elevenia, Juan Almer dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/7).

Seiring berkembangnya industri bisnis digital, pihaknya melihat adanya perkembangan waktu pengiriman di mana saat ini durasi pengiriman barang bisa dilakukan dengan lebih cepat dibandingkan dulu. 

Juan menambahkan pengiriman memang menjadi faktor yang paling sulit dikontrol oleh pebisnis online karena ada keterlibatan pihak ketiga, yakni partner logistisik sebagai penyedia jasa. Di sisi lain, demografi, jarak, dan ukuran wilayah-wilayah tertentu di Indonesia menjadi tantangan tersendiri terutama dalam menjangkau daerah-daerah
terpencil.

"Maka menjadi sangat penting bagi pebisnis online untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan logistik terpercaya," jelasnya.

Saat ini, elevenia membutuhkan waktu sekitar 2,96 hari untuk melakukan pengiriman barang. Jumlah rata-rata ini meningkat dibandingkan dengan durasi waktu pengiriman di tahun 2016, yang membutuhkan sekitar 3,22 hari.

Elevenia sendiri pernah melakukan survei kepuasan pelanggan di akhir tahun 2016 lalu. Hasilnya, sebanyak 14 persen responden mengharapkan pengiriman cepat dan gratis ketika mereka berbelanja di online platform. Buyer juga merasa senang ketika mereka senantiasa mendapatkan notifikasi status pemesanan dan status pengiriman barang mereka secara akurat baik itu melalui SMS atau email.

"Untuk itu, kami terus berusaha meningkatkan kualitas pengiriman dan memenuhi ekspektasi pelanggan, salah satunya dengan memberikan layanan Same Day Delivery Service ini," paparnya.

Elevenia memutuskan bekerja sama dengan Go Send karena telah terbukti memiliki pengalaman yang terbaik dalam memberikan layanan Same Day Delivery Service. Go-Jek, sebagai penyelenggara layanan ini, telah memiliki teknologi yang terintegrasi dan bisa dikembangkan bersama dengan teknologi yang dimiliki oleh elevenia. 

Saat ini, layanan Same Day Delivery Service ini bisa dipilih oleh customer khusus di wilayah Jabodetabek dengan jarak antar sejauh 40 kilometer. Sedangkan untuk jam operasional pelayanan pick-up produk dari driver Go-Jek ke mitra seller, dilakukan dari jam 08.00–15.30 WIB. Jika buyer melakukan melakukan pembayaran di luar jam operasional, maka pengiriman barang akan dilakukan keesokan harinya.

Selain itu, jika dalam 1x24 jam buyer tidak melakukan pembayaran, maka pesanan akan dianggap batal. Produk yang dapat dibawa dengan menggunakan layanan ini adalah produk dengan berat maksimal 7 kilogram dan dimensi panjang 40 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 17 cm. 

Biaya pengiriman yang dibebankan untuk layanan Same Day Delivery Service ini adalah sebesar Rp 15 ribu dan dibayarkan bersamaan dengan pembelian produk, sehingga ketika buyer menerima produk, dia tidak perlu lagi melakukan pembayaran kepada driver Go-Send.

(rb/bas/sa/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia