Rabu, 22 Nov 2017
radarbali
Bali United

Persela 0 v 1 Bali United, Buah Pecat Pelatih

Senin, 01 May 2017 07:00

Persela 0 v 1 Bali United, Buah Pecat Pelatih

MELAYANG: Striker Persela Ivan Carlos melompat di atas gelandang Bali United Marcos Flores di Stadion Surajaya, Lamongan, kemarin. (Anjar D. Pradipta/Radar Lamongan)

RadarBali.com -  Keputusan manajemen Bali United memberhentikan Hans Peter Schaller tak sia-sia. Datang ke Lamongan dengan status juru kunci sementara Liga 1 dan underdog, Serdadu Tridatu malah sukses mencuri poin penuh, setelah menang 1-0 atas tuan rumah Persela di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu kemarin (30/4).

 Ini adalah poin penuh perdana bagi Bali United di kompetisi resmi nasional setelah dibesut caretaker Coach Eko Purdjianto.

Gol tunggal Bali United tercipta pada pengujung babak pertama. Tepatnya menit ke-46. Adalah gelandang Marcos Flores yang sukses mengeksekusi penalti dengan membobol gawang Persela kawalan kiper Choirul Huda.

Sebelumnya, Bali United mendapat hadiah penalti setelah pemain tengah Persela Jose Coelho terkena handsball di dalam kotak penalti. Semua berawal dari tusukan Irfan Bachdim di sisi kanan kotak penalti Persela.

Beruntung, bola umpan silang Irfan mengarah ke tangan kanan Coelho. Wasit Faulur Rosy pun menunjuk titik putih.

Kemenangan kemarin juga menjadi hadiah bagi ribuan suporter Bali United dari tiga basis fans. Yakni Brigaz Bali, Semeton Dewata, dan North Side Boys 12, yang datang langsung ke Stadion Surajaya Lamongan.

Pasalnya, kemenangan tipis tersebut juga membuat Bali United kini naik ke posisi 13 klasemen sementara dengan 3 poin.

Hasil ini juga membuat ujian perdana Eko Purdjianto sukses usai menggantikan peran Hans Peter Schaller. Memang beban berat ada di diri Eko Purdjianto dengan menjadi caretaker Bali United.

Strategi berbeda diterapkan Eko. Penjaga gawang yang biasanya dimainkan di dua pertandingan awal, I Kadek Wardana justru diganti posisinya oleh Wawan Hendrawan, Hasyim Kipuw di sisi kanan diganti Mahdi Fahri Albaar, dan Abdul Rahman Sulaiman di posisi bek tengah digantikan oleh Agus Nova Wiantara.

Di awal babak pertama, Persela Lamongan lebih mendominasi dengan serangan yang dilancarkan Fahmi Al-Ayyubi. Setelah 10 menit pertama, Bali United yang justru lebih mendominasi.

Tapi, lagi-lagi sudah mendominasi namun tidak bisa menembus pertahanan Laskar Joko Tingkir-julukan Persela. Serdadu Tridatu terlihat masih mencari celah untuk bisa menembus pertahanan Persela.

 Hingga menit ke-14, Irfan Bachdim belum terlihat peran sentralnya sebagai sayap kiri. Terus sedikit mendominasi, Persela justru mengancam.

Menit ke-22, marquee player Laskar Joko Samudro Jose Coelho melakukan tendangan first time. Namun, dengan mudah Wawan Hendrawan mengamankan bola dalam pelukannya.

Hingga menit ke-25, kedua tim masih terlihat berhati-hati dalam mengamankan bola. Termasuk juga dalam posisi menyerang. Agus Nova hampir membuat kesalahan pada menit ke-29.

Clearance yang dilakukan bek asal Bali ini justru hampir mengancam pertahanan Bali United. Ivan Carlos berdiri bebas dan beruntung masih bisa dijaga oleh Wawan yang keluar dari kotak 16 meter.

Selang satu menit, Yabes Roni hampir saja mencetak gol melalui tendangan pojok andai saja penjaga gawang gaek Persela Lamongan Choirul Huda tidak menepis bola langsung milik Yabes.

Tim tuan rumah yang justru melempem. Tidak ada serangan yang benar-benar mengancam gawang Wawan Hendrawan. Dari pengusaan bola pada babak pertama, Bali United justru unggul dengan 58 persen berbanding 52 persen.

Akurasi umpan juga lebih baik Bali United dengan 78 persen berbanding 72 persen. Petaka akhirnya menghinggapi kubu tuan ruamh.

Irfan Bachdim yang mulai berani menusuk dari sisi kanan pertahanan Persela membuahkan hasil. Umpan silang Irfan mengenai tangan Coelho.

Marcos Flores yang menjadi algojo tendangan penalti dengan tenang menendang bola ke sisi kanan gawang Huda.

Di babak kedua, permainan kedua tim semakin menarik. Samsul Arif masuk untuk menambah daya gedor Persela.

Selang empat menit, Bali United akhirnya memasukkan sang marquee player asal Belanda Nick Van Der Velden yang menggantikan I Gede Sukadana. Sukadana sendiri ditarik keluar karena cedera.

Di babak kedua, skuad asuhan Hersis – nama panggilan Herry Siswanto lebih mendominasi jalannya pertandingan. Pertama melalui tendangan bebas dari Samsul Arif Munip yang berhasil ditangkap dengan mudah oleh Wawan Hendrawan.

Pada menit ke-58, pertahanan Bali United kaget dengan tendangan kaki kiri Al-Ayyubi melalui skema satu dua dengan Coelho. Beruntung tendangannya masih tipis di sisi kiri gawang Bali United.

Masuknya Samsul Arif di sisi sayap kanan Persela membuat Ricky Fajrin ketar-ketir. Yang menjadi sorotan justru adalah penyerang asal Belanda milik Bali United Sylvano Dominique Comvalius.

Dengan postur yang ideal sebagai target man, dia justru melempem dan tidak bisa berbuat apa-apa. Sylvano jarang mendapatkan bola akurat dan dia terlihat tidak bisa menempatkan posisi dengan baik.

Hingga menit ke-76, tendangan lebih dominan dari tuan rumah dangan 13 berbanding tiga tendangan. Namun, hanya empat tendangan saja yang on target. Penyelesaian akhir terlihat masih kurang di tubuh Persela Lamongan.

Lagi-lagi hampir Persela Lamongan menyamakan kedudukan. Menit ke-78, Samsul Arif Munip yang sudah berdiri bebas tepat di depan gawang Bali United, tendangannya masih membentur tiang gawang.

Irfan Bachdim kembali menjadi momnok bagi Persela. Pergerakannya yang lepas dari jebakan offside pemain belakang Laskar Joko Tingkir, berbuah hadiah penalti setelah Choirul Huda menarik pergerakan Irfan yang sudah berdiri bebas untuk mencetak gol.

Hadiah penalti langsung diberikan wasit pada menit ke-82. Sayang seribu sayang, Sylvano yang menjadi algojo tendangan penalti justru bisa ditepis dengan mudah oleh Huda.

Ini menjadi antiklimaks buruknya permainan Sylvano di pertandingan ini. Hingga akhir babak kedua, keunggulan 0-1 Bali United atas Persela Lamongan tetap bertahan. Ini menjadi poin perdana sekaligus tiga poin perdana Bali United di Liga 1 musim ini. (lit/han)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia