Sabtu, 18 Nov 2017
radarbali
Hiburan Budaya

Hut Kota Singaraja , Smensi Juara Lomba Janger Kreasi

Kamis, 20 Apr 2017 14:30

Hut Kota Singaraja , Smensi Juara Lomba Janger Kreasi

HUT SINGARAJA: Lomba Janger kreasi ikut mewarnai perayaan HUT Kota Singaraja ke 413, Selasa (18/4) malam lalu. (Eka Prasetya / Radar Bali)

RadarBali.com- Hari kedua pekan apresiasi seni yang dilangsungkan serangkaian dengan HUT Kota Singaraja ke-413, berlangsung meriah. Selasa (18/4) malam lalu, dilangsungkan Lomba Janger Kreasi yang diikuti oleh SMA maupun SMK yang ada di Kabupaten Buleleng.

Dalam lomba janger kreasi itu, para peserta banyak memainkan formasi-formasi gerakan, agar panggung tak terkesan lowong.

Namun ada pula yang tetap berpegang pada formasi konvensional.Beberapa peserta membawakan gending-gending baru secara runut sehingga menjadi sebuah lakon tersendiri.

 Lomba pun berlangsung semarak karena masing-masing sekolah mengerahkan siswanya untuk memberikan dukungan.

 Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Gede Suyasa mengatakan, lomba janger kreasi memang menjadi sebuah event tetap pada kegiatan HUT Kota Singaraja.

Biasanya juara dan runner up, diberi kesempatan untuk pentas pada panggung utama Buleleng Festival.

Terlepas dari hal tersebut, lomba janger juga sengaja digelar sebagai upaya pelestarian budaya di

kalangan remaja utamanya pelajar. “Ini merupakan upaya kami memperkuat karakter peserta didik. Di samping itu, secara tidak langsung kesenian khas Bali itu jadi lestari. Apalagi janger itu kan diyakini berasal dari Buleleng,” kata Suyasa.

Dalam lomba tersebut, dewan juri yang terdiri atas Cening Liadi, Komang Sri Wahyuni, dan Anak Agung Gde Ngurah, menetapkan tim janger SMKN 1 Singaraja (Smensi) sebagai juara pertama.

 Disusul SMAN Bali Mandara (Smanbara) di posisi kedua, SMAN 4 Singaraja (Foursma) pada posisi ketiga, SMKN 1 Sukasada (SMIK) pada posisi keempat, dan SMAN 1 Sawan (Smantusa) di posisi kelima. (eps/mus)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia