Sabtu, 18 Nov 2017
radarbali
Bali Dwipa

Lepas Benih Ikan, Suarakan Stop Tangkap Ikan dengan Bom dan Potas

Selasa, 25 Apr 2017 10:00

Lepas Benih Ikan, Suarakan Stop Tangkap Ikan dengan Bom dan Potas

JAGA BUMI: Warga melepas ribuan bibit ikan Nila di Tukad Kesiman, Senin ( 24/4) kemarin. (Adrian Suwanto/Radar Bali)

RadarBali.com - Peringatakan hari bumi dirayakan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Senin (24/4) kemarin dengan  melepas 20 ribu benih ikan nila di depan Dam PDAM Kesiman, Kertalangu. Kegiatan ini dilaksanakan serangkaian memperingati hari bumi dan hari Kartini yang jatuh pada 22 April lalu.

Kepala Bidang Pengelolaan Pembudidayaan Ikan, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Luh Suri Urpini meminta warga stop menangkap ikan dengan cara tidak ramah lingkungan. Seperti dengan cara menggunakan bom ikan dan sebagainya.

“Kami mendukung penebaran benih ikan ini di perairan umum, ketika sudah bisa di panen, silahkan di pancing. Jangan sampai menggunakan alat penangkap yang tidak ramah lingkungan seperti bom ikan atau potas, ” kata Suri Urpini.

“Kami memiliki UPT untuk menyediakan benih ikan, bagi masyarakat yang berkeinginan bisa mendapatkan benih untuk ditebar di perairan umum, kami fasilitasi dan itu gratis, ” imbuhnya.   

Penebaran benih ikan kali ini juga dihadiri Perbekel Kesiman Kertalangu I Made Suena dan Perbekel Kesiman Petilan I Wayan Mariana serta diikuti ibu – ibu dari PW Gereja Kristen Protestan Bali (GKPB) Wilayah Kota Denpasar.  

Sementara itu, Ketua GKPB Dian Kristawati,  Sagung Intan Indrayani menjelaskan, kegiatan ini bagian dari rangkaian memperingati Hari Kartini dan Hari Bumi.

“Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan Dinas Perikanan dan Ketahana Pangan Kota Denpasar, yang sudah memberikan benih ikan dan agenda ini diikuti Ibu –ibu yang tergabung dalam GKPB Dian Kristawati, wilayah Denpasar sebagai wujud turut serta menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya di perairan umum,” terang Sagung Intan.  

Perbekel Kesiman Petilan I Wayan Mariana menyambut baik kegiatan menebar benih ikan ini. Pihaknya, akan turut serta mengembangkan kawasan Tukad Kesiman sebagai destinasi menarik bagi para pemacing.

“Memang kami akan merancang alur sungai di Kesiman ini sebagai lokasi wisata untuk para pemancing,” kata Mariana. (feb/dot) 

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia