Rabu, 22 Nov 2017
radarbali
Bali Dwipa

Khawatir Listrik Padam, Disdikpora Badung Koordinasi dengan PLN

Selasa, 25 Apr 2017 09:30

Khawatir Listrik Padam, Disdikpora Badung Koordinasi dengan PLN

ilustrasi (dok Radar Bali)

RadarBali.com - Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Badung, mengaku was-was listrik padam saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) tingkat SMP.

Disdikpora Badung I Made Mandi mengatakan, persiapan pelaksanaan ujian nasional SMP sudah berjalan sesuai yang diharapkan. Pelaksanaan ujian nasional jenjang pendidikan SMP serentak diikuti 62 sekolah termasuk Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) di Jimbaran maupun SMP LB Jimbaran, Kuta Selatan.

Ada sebanyak 29 sekolah yang akan melaksanakan UNBK. Sementara 33 sekolah lainnya melaksanakan UNKP. Bahkan untuk urusan listrik juga telah dipersiapkan.

“Kami sudah persiapkan semuanya, termasuk kami sudah berkoordinasi dengan PLN agar tidak ada pemadaman saat ujian,” katanya, Senin (24/4) kemarin.

Kata dia, PLN memastikan tidak akan melakukan pemadaman. Kecuali kalau ada bencana itu tidak bisa dihindari.

“Tetapi tetap sekolah kami imbau menyiapkan genset, karena faktor alam juga tidak bisa dikesampingkan. Ini yang harus diantisipasi,” tegas Mandi.

Begitu juga Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Disdikpora Badung I Gede Suparsa menerangkan, untuk sementara pengadaan genset dibebankan pada sekolah bersangkutan.

Sebab dari pemerintah belum ada untuk itu. Pemerintah hanya membantu menyiapkan perangkat komputer dan pendukung lainnya.

“Tapi ke depannya pasti akan dikaji, mengingat anggaran yang digelontorkan untuk pembelian genset cukup besar,” terangnya.

Sementara Kepala SMPN 2 Kuta Utara AA Putu Oka Sujana, menegaskan untuk tahun ini belum melakukan pengadaan mesin genset guna mendukung UNBK. Namun pihaknya sudah mendapatkan pemberitahuan bila PLN tidak akan melakukan pemadaman selama ujian.

“Pemerintah juga sudah memastikan. Makanya kami yakin pelaksanaan UNBK bisa lancar,” ujarnya, saat dikonfirmasi, kemarin.  Sekadar diketahui, UNBK digelar pada tanggal 2, 3, 4, dan 8 Mei 2017 mendatang. (dwi/dot)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia