Jumat, 19 Jan 2018
radarbali
Bali Dwipa

Lhoo... Banyak WNA Datang, Tapi Belum Terdata

Rabu, 19 Apr 2017 11:00

Lhoo... Banyak WNA Datang, Tapi Belum Terdata

KOORDINASI : Kabid Penanganan Konflik, I Gusti Ngurah Gde Arisudana (tengah) melakukan pendataan WNA di Kecamatan Denpasar Selatan dan Kecamatan Denpasar Timur kemarin. (Adrian Suwanto/Radar Bali)

RadarBali.com - Keberadaan warga negara asing (WNA) di Kota Denpasar meningkat setiap tahun. Mirisnya, banyak  yang tidak taat aturan.

Mengetahui banyak WNA yang bandel, petugas dari Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Denpasar turun ke lapangan melakukan pendataan.

Kabid Penanganan Konflik, I Gusti Ngurah Gde Arisudana saat mendata WNA di kecamatan Densel dan Dentim, mengatakan tidak semua WNA mentaati aturan yang ada.

Dari data tahun 2016 di Kecamatan Denpasar Selatan terdapat 161 WNA. Sedangkan hingga awal April 2017 jumlahnya mencapai 495 orang. 

Di kecamatan Dentim jumlahnya tidak berubah dari tahun kemarin yaitu 35 orang.

 Arisudana menambahkan, pengawasan WNA melibatkan tim terpadu mulai dari Imigrasi, Kepolisian, Dinas Capil, Dinas Tenaga Kerja dan Bagian Humas.

Hal itu tertuang dalam UU 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah yang diberikan kewenangan untuk melakukan pengawasan dan itu juga ada dalam Permendagari dan SK Walikota.

"Kami harapkan desa/lurah untuk melakukan pendataan terhadap orang asing sehingga data yang ada benar-benar akurat sebelum melakukan pengawasan ke lapangan," ujar Arisudana.

Sementara untuk penindakan WNA yang melakukan pelanggaran dilakukan pihak imigrasi sesuai UU 32 tahun 2004 pemerintah daerah.

"Kegiatan dan aktivitas WNA di wilayah kota Denpasar menjadi pengawasan pemerintah daerah dan harus tunduk terhadap peraturan," tukasnya. (feb/dot) 

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia