Jumat, 19 Jan 2018
radarbali
Bali Utama

Ultah Kota Gianyar, Siswa SD Bersama LSM Sampah Punguti Sampah Plastik

Rabu, 19 Apr 2017 07:00

Ultah Kota Gianyar, Siswa SD Bersama LSM Sampah Punguti Sampah Plastik

INGATKAN PEDULI LINGKUNGAN : Siswa SD di Ubud, Gianyar, sibuk memungut sampah plastik saat pawai HUT Kota Gianyar. (istimewa)

RadarBali.com - Kesadaran masyarakat terhadap lingkungan masih rendah. Itu terbukti saat diadakan gerakan memungut sampah plastik di sela pawai HUT Kota Gianyar kemarin (18/4).

Saat pawai, banyak masyarakat masih membuang sampah terutama sampah plastik ke jalan raya sembarangan.

Puluhan siswa SD bersama LSM sampah, yakni Trash Hero dan Rumah Kompos Padangtegal, Ubud, Gianyar pun mencoba mencibir penonton dengan memunguti sampah di sela pawai menggunakan karung.

Gerakan memungut sampah plastik, ini juga diprakarsai Komunitas Jurnalis Gianyar (KJG). Para pemungut sampah terbanyak memperoleh juara dengan hadiah hiburan.

Koordinator Trash Hero Wayan Aksara mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengajak masyarakat peduli lingkungan agar memungut sampah.

Lomba ini digelar bersamaan dengan parade budaya HUT ke-246 Kota Gianyar, karena banyak masyarakat yang datang dan menonton parade budaya dengan membuang sampah plastik di sembarang tempat.

“Untuk itu, kami ajak masyarakat peduli lingkungan dengan memungut sampah plastik,” ujar Aksara.

Sedangkan, Rumah Kompos, Supardi, menyampaikan hal yang sama. Dikatakan bahwa kegiatan ini mengajak masyarakat untuk hidup bersih dan sehat dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Sampah plastik tidak mudah terurai dan memerlukan waktu sangat lama. Bahkan, sampah plastik dapat merusak lingkungan,” ujar Supardi. (dra/pit)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia