Rabu, 22 Nov 2017
radarbali
Bali Dwipa

Duuhh... Ujian Kejar Paket saat Hari Libur

Sabtu, 15 Apr 2017 09:30

Duuhh... Ujian Kejar Paket saat Hari Libur

ilustrasi (Adrian Suwanto/Radar Bali)

RadarBali.com – Siswa Kejar Paket C (Setara SMA) tidak ketinggalan mengikuti ujian nasional berbasis online.

Namun, jadwal ujian sempat dipertanyakan oleh pihak penyelenggara di Gianyar. Itu karena jadwal ujian berlangsung Sabtu ini (15/4), tepat pada hari raya Kuningan.

Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Widia Asrama, Gede Adistana Wira Saputra menjelaskan, ujian ini akan berlangsung 4 hari.

Hari pertama pada 15 April dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Geografi. Selanjutnya pada 16 April besok berlangsung Matematika dan Sosiologi.

Hari ketiga pada 22 April berlangsung Bahasa Inggris dan Ekonomi, dan hari keempat pada 23 April, yakni Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

“Jadwalnya ini dari Kementerian sudah diterima seperti itu,” ujar Wira Saputra, kemarin (14/4).

Dia menjelaskan, dari pusat menentukan hari Sabtu dan Minggu itu karena para peserta sebagian besar sudah tua dan bekerja.

Bagi umat Hindu, pada Sabtu ini melaksanakan hari raya Kuningan. Begitu pula dengan umat Kristiani juga melangsungkan Paskah pada Minggu besok.

Pihaknya menyayangkan jika agenda ujian nasional Paket C ini berlangsung saat hari raya. “Kami tidak menyalahkan, namun alangkah baiknya kalau memperhatikan hari raya,” pintanya.

Meski begitu, pihaknya sudah mengumumkan rencana ujian itu jauh kepada para siswa yang berjumlah 139 orang.

Di Kabupaten Gianyar, menurut Wira Saputra ada tiga PKBM yang ditunjuk diantaranya Widia Asrama (Kecamatan Gianyar), PKBM Wahyu Putra (Kecamatan Sukawati) dan PKBM Melati (Kecamatan Payangan). “Jadi kami sebagai PKBM hanya menjalankan sesuai surat penunjukan,” jelasnya.

Ujian sendiri berbasis komputer. Pusat juga langsung menunjuk masing-masing PKBM mengikuti ujian di sekolah yang telah menyediakan fasilitas komputer dan server. Contohnya, PKBM Gianyar mengikuti ujian di SMPN 1 Gianyar.

Dijelaskannya, para peserta dari ketiga PKBM ini pun sudah melakukan sinkronisasi hingga simulasi, dilanjutkan dengan sinkronisasi gladi, hingga sinkronisasi data peserta yang dilakukan Jumat kemarin.

“Kami juga sudah menyampaikan krodinasi dengan PLN untuk memastikan stabilitas listrik dan TELKOM untuk menjaga kondisi jaringan internet,” paparnya. (dra/gup)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia