Rabu, 22 Nov 2017
radarbali
Hiburan Budaya

Banjar Kayumas Kaja , Lomba Gender Wayang sambil Liburan

Jumat, 14 Apr 2017 15:20

Banjar Kayumas Kaja , Lomba Gender Wayang sambil Liburan

KREATIF : Anak-anak Kota Denpasar bermain gender untuk menjaga kebudayaan Bali tetap lestari. (Adrian Suwanto/Radar Bali)

RadarBali.com- Kota budaya, Denpasar terus berupaya menjaga tradisi dan kebudayaan melalui proses regenerasi yang masif. Sejak dini, generasi muda kota Denpasar diberi pemahaman akan pentingnya menjaga tradisi dan budayanya.

Pentingnya menjaga tradisi dan kebudayaan juga diadopsi Banjar Kayumas Kaja, Kecamatan Denpasar Timur.

Setelah rutin menggelar lomba tari tiap tahun, tahun ini Banjar Kayumas menggelar lomba Gender Wayang.

“Lomba ini kami gelar sekaligus untuk mendukung program Walikota Rai Mantra mengisi hari libur sekolah,” ujar Ketua Panitia Lomba Gender Wayang Banjar Kayumas Kaja I Gede Eka Adnyana usai audiensi dengan Walikota Denpasar IB Rai Dharma Wijaya Mantra kemarin (13/4).

Dia menambahkan, lomba Gender Wayang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 24 – 25 Juni 2017 mendatang. Lomba  diikuti kelompok umur 7 – 12 tahun (SD) dan kelompok umur 13 – 15 tahun (SMP).

Untuk tingkat SD ada lomba tabuh wajib Cecek Mengelut, dan tabuh pilihan yakni Sekar Sungsang, Crucuk Punyah, dan Sekar Taman.

Sementara untuk tingkat SMP, tabuh wajib Merak Angelo, dan tiga tabuh pilihan  yakni Lelasan Megat Yeh, Katak Ngongkek, dan Sri Kandi.

Adnyana menjelaskan, semua gending atau tabuh yang dilombakan adalah Gender Wayang style Kayumas Kaja dengan peserta berpasangan baik putra maupun putri.

Unsur yang dinilai di antaranya teknik, penampilan, kreativitas dan kekompakan. Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi I Wayan Eka Darmayasa (081337572000) dan I Gede Eka Adnyana (085238224238).

“Walikota berharap ada langkah pendokumentasian dan inventarisasi lomba ini. Pasalnya, style Gender Wayang khas Kayumas menjadi bagian yang lumrah dimainkan masyarakat,” pungkasnya. (feb/mus)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia