Rabu, 22 Nov 2017
radarbali
Produk

Gerokgak Jadi Sumber Bibit Sapi Bali di Indonesia

Sabtu, 01 Apr 2017 12:50

Gerokgak Jadi Sumber Bibit Sapi Bali di Indonesia

Ilustrasi (dok radar bali)

RadarBali.com - Kabar menggembirakan datang Buleleng. Kabupaten Panji Sakti terpilih sebagai daerah sumber bibit Sapi Bali di Indonesia. Tim verifikasi langsung dari Kementerian Pertanian RI datang ke Buleleng akhir bulan Maret lalu.

Hasilnya, dari sejumlah persyaratan yang diperlukan, Buleleng dinyatakan sudah menyandang status layak.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian Buleleng, Ir Nyoman Swatantra kepada Jawa Pos Radar Bali belum lama ini.

Pihaknya mengaku sudah mempersentasikan potensi yang dimiliki oleh Buleleng dihadapan Kementerian Pertanian RI pada akhir Desember tahun lalu.

"Kami sudah melewati proses yang panjang untuk menjadikan Buleleng khususnya kecamatan Gerokgak menjadi sumber bibit sapi Bali di Indonesia," terangnya.

Hasil verifikasi Tim Lementerian Pertanian, pada Jumat lalu (17/3), melihat dari potensi dan sarana pendukung yang ada, Buleleng sudah mengantongi kata layak.

Pihaknya kini tinggal menunggu rekomendasi dari Menteri Pertanian untuk mendapatkan sertifikasi sebagai daerah sumber bibit sapi Bali.

Dijelaskan, terkait terpilihnya kecamatan Gerokgak, dikarenakan memiliki populasi sapi terbanyak dibandingkan kecamatan lain di Buleleng.

Yakni, dari 121 ribu populasi ternak sapi di Buleleng 42 ribu diantaranya ada di kecamatan Gerokgak. Bahkan, hampir rata masyarakatnya memiliki ternak sapi 3-4 ekor per KK.

Di Kecamatan Gerokgak juga terdapat sejumlah fasilitas pendukung sebagai daerah sumber bibit sapi Bali.

“Disana juga terdapat Balai Benih, Puskeswan, petugas kawin suntik yang banyak, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) termasuk juga simantri. Sehingga fasilitas pendukung sebagai daerah sumber bibit tercukupi,” ujarnya. (ara/han)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia