Rabu, 22 Nov 2017
radarbali
Bali Dwipa

Kursi Roda bagi Penyandang Disabilitas

Selasa, 21 Mar 2017 08:00

Kursi Roda bagi Penyandang Disabilitas

BANTUAN KURSI RODA: Penyandang disabilitas di Buleleng mendapat bantuan kursi roda dari Dinas Sosial Buleleng. (Eka Prasetya/Radar Bali)

RadarBali.com – Belasan penyandang disabilitas di Kabupaten Buleleng digelontor bantuan kursi roda. Kursi roda itu diberikan kepada 17 orang penyandang disabilitas yang ada di Buleleng.

Bantuan berasal dari sejumlah organisasi sosial yang bergerak di kalangan penyandang disabilitas.

Bantuan itu diserahkan oleh Kepala Dinas Sosial Buleleng Gede Komang di Kantor Dinas Sosial Buleleng, Senin (20/3) kemarin.

Penyerahan juga disaksikan perwakilan dari organisasi sosial, termasuk para donatur yang berasal dari Australia, Amerika Serikat, dan Kanada.

Gede Komang mengungkapkan, bantuan kursi roda yang diberikan oleh Yayasan Puspadi Bali bersifat khusus dan unik.

Artinya kursi roda masing-masing penerima, tak sama antara yang satu dengan yang lainnya. Kursi roda itu sudah dirancang sedemikian rupa dan disesuaikan dengan kebutuhan fisik penerimanya.

Lebih lanjut Gede Komang mengatakan, saat ini ada 4.556 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Buleleng, yang tersebar di Sembilan kecamatan.

Jumlah terbanyak tercatat ada di Kecamatan Gerokgak dengan jumlah 783 orang penyandang disabilitas.

Dari ribuan penyandang disabilitas itu, sebanyak 336 orang diantaranya dinyatakan dalam kondisi penyandang disabilitas berat.

Dari 336 orang itu, hanya 268 orang saja yang mendapat bantuan rutin dari pemerintah pusat senilai Rp 300ribu per orang per bulan.

Sementara 68 orang sisanya mendapat bantuan rutin dari Dinsos Buleleng dengan nilai Rp 200 ribu per orang per bulan. (eps/gup)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia