Rabu, 22 Nov 2017
radarbali
Bisnis

Muscab, FSP PAR- SPSI Desak Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja

Selasa, 31 Jan 2017 15:00

Muscab, FSP PAR- SPSI Desak Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja

PENGURUS BARU : Suasana Musyawarah Cabang FSP PAR – SPSI Kota Denpasar di Gedung SPSI Bali, kemarin. (Ni Kadek Novi Febriani/Radar Bali)

RadarBali.com - Setelah musyawarah daerah tempo lalu, kali ini Federasi Serikat Pekerja Pariwisata Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP PAR-SPSI) Kota Denpasar melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab).

Muscab dilakukan karena membentuk pengurus cabang baru dan membuat program kerja lima tahun ke depan 2017-2022.

Muscab kemarin adalah melanjutkan rangkaian seluruh rencana kegiatan organisasi yang akan dilaksanakan dan kelanjutan pokok-pokok program kerja FSP Pariwisata-SPSI yang ditetapkan pada musyawarah daerah (Musda) rekonsiliasi FSP PAR -  SPSI Provinsi Bali untuk kurun waktu 2016-2021.

FSP PAR- SPSI Kota Denpasar terdiri dari pengurus unit kerja (PUK) dari lima perusahaan, yakni  Bali Hi Cruises, PT Destinasi Tirta Nusantara Tbk Cabang Denpasar (Panorama Tours), Hotel Puri Dalem, Hotel Besakih, dan Prama Sanur Beach.

“Itu merupakan kelanjutan Musda rekonsiliasi Provinsi Bali. Di mana mereka merasa bahwa perangkat pengurus cabang FSP PAR yang tidak hadir mendukung pelaksanaan Musda rekonsiliasi. Sehingga PUK memutuskan membuat PC baru. Jadi, FSP Par SPSI kota Denpasar di inisiasi oleh PUK,” ungkap Putu Satyawira, Ketua FSP PAR- SPSI Provinsi Bali.

Dilanjutkan FSP Pariwisata SPSI Kota Denpasar, terdiri dari delapan bidang. Bidang tersebut adalah Advokasi; Organisasi; Kesejahteraan Pekerja; Administrasi; Pemberdayaan Perempuan; Kaderisasi dan Kompetensi, Sosial, Agama, Budaya dan Olahraga; dan Keuangan.

Di mana, masing-masing bidang tersebut disusun program kerja yang menjadi pedoman bagi seluruh jajaran pengurus dan anggota FSP PAR-SPSI masa bakti lima tahun mendatang untuk kemajuan organisasi sesuai dengan sasaran dan tujuan organisasi.

Dalam Musvab ini, I Nyoman Arta terpilih sebagai Ketua Pengurus Cabang FSP PAR-SPSI Kota Denpasar masa bakti 2017-2022, sekretaris I Gusti Ngurah Kartiko, dan Bendahara Ketut Suandi.

Dalam Muscab terdapat rekomendasi FSP PAR-SPSI Kota Denpasar untuk Pengurus Daerah FSP PAR-SPSI Provinsi Bali, DPC K SPSI Kota Denpasar, Pemerintah Kota Denpasar, DPRD Kota Denpasar, dan Pengusaha KADIN, APINDO, PHRI.

Menariknya, salah satu poin rekomendasi untuk DPRD Kota Denpasar dalam rangka menangani masalah ketenagakerjaan di era globalisasi. 

Maka mereka menuntut DPRD Kota Denpasar dipandang perlu untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang tarif minimum untuk hotel, villa, pondok wisata untuk menghindari persaingan bisnis yang tidak sehat yang berdampak pada kesejahteraan pekerja.

Dan masih banyak rekomendasi yang dibuat untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja. (feb/rid)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia