Rabu, 22 Nov 2017
radarbali
Hangout

Sisir Sampah 4,7 Km, Peserta Green Heroes Semangat Jaga Lingkungan

Senin, 21 Nov 2016 07:30

Sisir Sampah 4,7 Km, Peserta Green Heroes Semangat Jaga Lingkungan

Ilustrasi (Istimewa)

RadarBali.com - Minggu pagi kemarin (20/11) tepat pukul 07.00, ribuan peserta tumpah ruah mengikuti Green Heroes Fun Walk yang melakukan

start di Central Parkir Indonesia Tourism Development Corporate (ITDC) dan finish di Peninsula Island dengan menempuh jarak sejauh 4,7 km.

Ribuan peserta mulai yang terdiri dari anak-anak SDN 1 benoa, SMPN 4 Kuta Selatan, SMA Kuta Selatan, STT Desa Adat Bualu, SP PAR Badung,

dan mahasiswa Politeknik Negeri Bali tampak antusia dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Jawa Pos Radar Bali dan Nirwana TV ini.

Kalangan masyarakat juga tampak tumpah ruah mengikuti jalan santai kali ini. Para punggawa Bali United juga turut hadir untuk memeriahkan acara seperti Mahdi Fahri Albaar, I Nyoman Sukarja, dan I Putu Pager.

Jalan santai kali ini memang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan khususnya anak-anak untuk sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

Meskipun terik sinar matahri sangat menyengat, tetapi para peserta tetap antusias dalam kegiatan ini. Para peserta Green Heroes Fun Walk juga diajak untuk

bersih-bersih sampah yang ada di sepanjang rute jalan santai. Usai membersihkan sampah dengan dibekali trash bag

dan sarung tangan, sampah-sampah tersebut kemudian dibuang ke Unit Composting Lagoon Nusa Dua dikelola oleh ITDC.

Para peserta Green heroes Fun Walk tampak bersemangat melihat bagaimana proses sampah-sampah tersebut diolah di kawasan seluas 20 hektare tersebut.

Mereka juga terkesan melihat pemandangan indah Lagoon Nusa Dua yang mungkin belum pernah diketahui sebelumnya.

Sampai di garis finish, acara masih belum selesai. Para peserta Green Heroes Fun Walk juga diajak untuk ber-Zumba ria yang di panggung utama Nusa Dua Fiesta 2016.

Meskipun cuaca cukup panas, para peserta dari yang muda hingga yang tua terlihat bersemangat. Salah satu penyerang Bali United,

I Nyoman Sukarja pun tampak bersemangat mengikuti gerakan-gerakan Zumba yang diperagakan oleh instruktur.

Usai Zumba, Direktur Pengelolaan Sampah Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, R. Sudirman, dalam sambutannya mengaku sangat bangga

dengan apa yang diperlihatkan oleh para peserta termasuk para anak-anak karena sudah peduli dengan lingkungan sekitar.

“Saya bangga terhadap anak-anak ini yang sadar pentingnya menjaga lingkungan. Saya juga sangat bangga dengan kawasan Nusa Dua karena saya dulu pernah

menjabat sebagai Kanwil Perubahan Iklim Departemen Lingkungan Hidup Bali,” bebernya. Sudirman juga mengatakan agar masyarakat Bali agar menjaga ajaran Tri Hita Karana.

“Bali terkenal akan budayanya, keramahtamahan terhadap wisatawan, dan sebagainya. Melalui Kementerian Pariwisata dan LHK akan didukung 10 destinasi wisata Indonesia.

Pintu gerbang utamanya adalah Bali. Ini yang harus dijaga dan saya mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan karena timbunan sampah sudah makin meningkat,” terangnya.

Dalam Green Heroes Fun Walk 2016 ini turut hadir juga Direktur Operasional ITDC Ngurah Wiaryawan, Kapolsek Bualu, dan Camat Kuta Selatan. (lit/mus)

 

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia