Jumat, 19 Jan 2018
radarbali
Hangout

Yess...Seribuan Peserta Ramaikan Green Heroes Fun Walk 2016

Minggu, 20 Nov 2016 08:30

Yess...Seribuan Peserta Ramaikan Green Heroes Fun Walk 2016

EKSOTIS: Salah satu sudut Lagoon Nusa Dua, yang menjadi titik selling point Green Heroes Fun Walk 2016. (Sentot Prayogi/Radar Bali)

RadarBali.com – Gerakan pencanangan target wisatawan mancanegara hingga 20 juta orang yang dikampanyekan pemerintah RI mendapat dukungan kongkret dari Jawa Pos Radar Bali-Nirwana TV (Jawa Pos Group).

Mendukung salah satu agenda pariwisata nasional, Nusa Dua Fiesta 2016, Jawa Pos Radar Bali dan Nirwana TV pun menghelat Green Heroes Fun Walk 2016.

Seribuan orang peserta dari berbagai kalangan, profesi, dan usia ambil bagian di even ini. Pagi ini (20/11), peserta Green Heroes Fun Walk

akan menyapu bersih sampah-sampah organik maupun anorganik di sepanjang 4,7 kilometer rute yang dilalui di kawasan Nusa Dua, Badung.

Hingga Sabtu (19/11) kemarin, tercatat ada seribuan peserta yang akan ambil bagian pada Green Heroes Fun Walk.

Kelompok usia termuda di ajang ini berasal dari siswa-siswi SDN 1 Benoa yang turut mengikutsertakan sekitar 120 murid-muridnya.

Selain SDN 1 Benoa, ada juga siswa-siswi SMP 4 Kuta Selatan, SMA Kuta Selatan, Sekaa Teruna Teruni Desa Adat Bualu, SP Par Badung, mahasiswa Politeknik Negeri Bali (PNB), dan juga sejumlah pejabat di lingkup Auto2000 Denpasar.

“Sampai hari ini (kemarin, Red) peserta sudah menembus angka seribu orang dari berbagai kalangan,” terang Project Officer Green Heroes Fun Walk Komang Ramantya yang juga General Manager (GM) Nirwana TV.

Start dari Central Parkir Indonesia Tourism Development Corporate (ITDC) Nusa Dua pukul 06.00 Wita, peserta akan melewati rute jalur umum di luar kawasan ITDC hingga Jalan Pratama.

Sepanjang jalan, peserta yang dibekali trash bag dan sarung tangan akan memunguti sampah yang mereka temui di sepanjang jalan.

Selanjutnya, sampah-sampah tersebut akan dibuang di Unit Composting Lagoon Nusa Dua yang juga dikelola oleh ITDC.

“Lagoon Nusa Dua ini menjadi salah selling point even ini. Karena tidak banyak masyarakat yang tahu keberadan Lagoon yang memang

tidak dibuka untuk umum ini. Lagoon Nusa Dua ini akan menjadi media edukasi buat masyarakat,” timpal GM Jawa Pos Radar Bali Andi B. Wicaksono.

Unit composting Lagoon Nusa Dua memang menjadi salah satu kawasan eksotik yang tersentuh industri pariwisata di Nusa Dua.

Seluas 20 hektare, Lagoon Nusa Dua memiliki sejumlah kolam semacam danau dengan fungsi berbeda-beda sebagai media penyaringan limbah.

“Kolam-kolam ini tempat pusat pembuangan limbah semua hotel di kawasan ITDC untuk kemudian diolah kembali,” tutur Nyoman Wedastra, salah seorang penanggung jawab Lagoon Nusa Dua.

Saking asrinya, kawasan Lagoon Nusa Dua ini menjadi habitat bagi sedikitnya 99 spesies burung. “Ada juga beberapa jenis burung langka

bersarang di Lagoon Nusa Dua ini, misalnya Elang Bondol dan Elang Jawa, juga ada burung King Fisher yang mulai langka,” paparnya.

Nah, usai menjalankan misi kebersihan memunguti dan menempatkan sampah pada tempatnya, peserta akan finis di Peninsula Island, ITDC, yang juga merupakan main venue Nusa Dua Fiesta 2016.

Di sini, peserta akan dihibur band kenamaan di dunia lingkungan, Relung Kaca. Tak hanya itu, sederet hadiah doorprize menarik juga bakal menjadi pengobat lelah peserta.

Mulai dari grandprize satu unit Honda Beat, sepeda, televisi, smartphone, jam tangan, voucher, dan hadiah-hadiah lainnya.

“Partisipasi kita di even ini semoga juga menjadi bagian dari kontribusi kita terhadap target pencapaian wisatawan hingga 20 juta orang oleh pemerintah pusat,” tutup Komang Ramantya. (yog/mus)

 

 

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia