Sabtu, 18 Nov 2017
radarbali
Basket

Joss…Putra-Putri Smansa Kawin Juara EBL 2016

Senin, 17 Oct 2016 12:30

Joss…Putra-Putri Smansa Kawin Juara EBL 2016

DOMINAN: Guard tim putri SMAN 1 Denpasar Tricia Aoijs (kiri), bersiap menerobos defense SMA Soverdi Tuban di GOR Ngurah Rai, Denpasar, kemarin. (Miftahuddin Halim/Radar Bali)

RadarBali.com - Tim basket putra dan putri SMAN 1 Denpasar (Smansa) berhasil mengawinkan trofi juara Equilibrium Basketball League (EBL) 2016.

Tim putri Smansa di final mengalahkan favorit lainnya SMA Soverdi, Tuban dengan skor 48-35 di GOR Ngurah Rai Minggu siang kemarin (16/10).

Sedangkan tim putra Smansa memenangkan duel klasik di final atas bebuyutannya SMAN 2 Denpasar (Resman). Cowok Smansa menang dengan skor 65-50.

Dengan hasil ini, tim putri Smansa asuhan Putu Adi Setyawan berhasil menghapus luka di EBL tahun lalu yang hanya mampu berada sampai babak penyisihan grup saja.

Coach Adi Setyawan senang dengan apa yang diraih oleh anak asuhnya. Dia menambahkan, sepanjang pertandingan anak asuhnya mampu

menerapkan strategi dan instruksi dengan sangat baik serta apa yang diharapkan oleh dirinya bisa berjalan sesuai dengan rencananya.

“Saya sangat bersyukur dengan hasil yang kami capai saat ini. Semangat awal kami cukup bagus meskipun di kuarter akhir kami masih sedikit kehilangan konsentrasi.

Tapi kami bisa mengatasinya dengan baik,” ujar mantan Asisten Pelatih PON Bali tersebut saat diwawancarai usai pertandingan kemarin.

Memang, sejak kuarter pertama berjalan, Guard putri Smansa Tricia Aoijs bermain cukup impresif dengan meraih keunggulan 19-8.

Pada kuarter kedua, Tricia Aoijs yang anggota tim Basket Putri PON Bali mampu bermain cukup gemilang. Pemain Timnas Junior itu berhasil menunjukkan kualitasnya sebagai pemain berpengalaman.

Smansa pun berhasil unggul 34-20 berkat open shoot three point Tricia. Kuarter ketiga, Smansa semakin bringas dan memaksa Soverdi tidak berkutik dan tidak mampu menghasilkan poin sama sekali.

Di akhir kuarter ketiga, Smansa mampu unggul 45-20. Pada kuarter ketiga, tim asuhan Day Rizki Wahyu Bawono tersebut terlihat sudah mulai panas.

Ni Komang Sitha Dewi Marino dkk berhasil membukukan 15 poin. Namun sayang, Soverdi tidak bisa mengejar ketertinggalan dan memaksakan gelar juara berada di tangan Smansa dengan keunggulan 48-35.

Smansa juga berhasil mengawinkan gelar juara setelah Tim Basket Putra SMAN 1 Denpasar juga berhasil menjadi jawara setelah mampu mengalahkan SMAN 2 Denpasar dengan skor 65-50.

Pelatih Tim Basket Putra SMAN 1 Denpasar, IGN Rusta Wijaya ditemui usai pertandingan mengatakan, ini adalah pencapaian yang cukup bagus.

Namun, dirinya masih menilai jika anak asuhnya masih terlalu santai bermain di kuarter ketiga sehingga Resman bisa mengejar ketinggalan poin.

Overall, anak-anak bermain sesuai dengan instruksi saya terutama pada kuarter kedua dan ketiga. Masuk half time, anak-anak bermain terlalu

santai karena sudah unggul jauh dan Resman justru berhasil mengejar ketinggalan poin. Untung saja momentum kemenangan kami ambil saat menit-menit akhir,” terangnya. (lit/han)

 

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia