Rabu, 22 Nov 2017
radarbali
Niskala

Gelar Ritual Nyekar, Krama Kerobokan Dirikan Tenda di Pinggir Pantai

Minggu, 16 Oct 2016 11:30

Gelar Ritual Nyekar, Krama Kerobokan Dirikan Tenda di Pinggir Pantai

RITUAL NYEKAR: Warga Desa Pakraman Kerobokan, Kecamatan Sawan melakukan tradisi nyekar di pinggir pantai Kerobokan sejak Sabtu kemarin (Eka Prasetya/Radar Bali)

RadarBali.com – Ada yang unik dengan tradisi yang dilakukan oleh krama di Desa Pakraman Kerobokan, Kecamatan Sawan.

Mereka menggelar upacara nyekar yang juga diisi dengan ritual makemit. Tak hanya itu saja, ritual ini juga diikuti dengan kebiasaan warga mendirikan tenda-tenda seadanya untuk makemit sebelum puncak ritual dilaksanakan.

Rangkaian upacara nyekar itu berlangsung sejak Sabtu (15/10) kemarin. Hal itu ditandai dengan kedatangan krama ke Pantai Kerobokan.

Mereka berduyun-duyun datang membawa berbagai peralatan untuk berkemah. Hal yang paling mencolok, warga membawa terpal serta tikar atau karpet.

Tenda akan didirikan di tepi pantai, dan digunakan krama untuk berteduh serta berlindung dari terpaan angin, sebelum puncak acara dilangsungkan pada Minggu (16/10) dini hari.

Dari pantauan kemarin, sejak pukul 16.00 sore, ratusan krama datang berduyun-duyun ke Pantai Kerobokan, dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Tanpa dikomando mereka langsung mendirikan tenda di tempat-tempat yang memungkinkan. Setelah mendirikan tenda, biasanya warga akan menunggu dan melakukan persembahyangan yang dipimpin oleh pemangku di desa pakraman.

Rangkaian upacara dimulai pada pukul 21.00 Sabtu malam. Puncak ritual sendiri baru akan berlangsung pada pukul 03.00, Minggu dini hari.

Sembari menunggu, krama pun bercengkrama antara satu dengan yang lain. Mereka juga membawa bekal untuk disantap bersama keluarga, sambil menunggu puncak karya. (eps/mus)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia