Jumat, 19 Jan 2018
radarbali
Bali Utama

Kombes Franky Dikenal Rajin Kejar Gelar Akademik

Rabu, 21 Sep 2016 11:00

Kombes Franky Dikenal Rajin Kejar Gelar Akademik

Direktur Reserse Narkoba Polda Bali Kombes Franky Haryadi Parapat saat raih gelar S3 dari Untag Surabaya dan mendapat ucapan selamat dari Wakapolri saat itu Komjen Budi Gunawan (FB Franky Parapat)

RadarBali.com - Rekam jejak Kombes Pol Franky Haryanto Parapat sendiri untuk bidang akademis terbilang rajin menuntut ilmu.

 Dia adalah salah satu dari 112 perwira polisi yang dimutasi purnawirawan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti pada 28 April 2016 yang giat kuliah.

Sebelum mengemban tugas sebagai Direktur Reserse Narkoba Polda Bali, perwira melati tiga di pundak pria kelahiran 20 Desember 1969 itu menjabat posisi yang sama di Polda Papua sejak 23 Juli 2015.

Dia baru saja memperoleh gelar doktor (strata 3) Ilmu Administrasi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag Surabaya). Tepatnya pada Kamis (4/8) lalu.

Ucapan selamat banyak tertuju pada angkatan 65 PTIKSTIK penggemar mobil Hardtop dan Murai Batu tersebut.

Tak tanggung -tanggung, kepala BIN sekaligus mantan Wakapolri Jenderal Budi Gunawan pun mengirimkan karangan bunga ucapan selamat kepadanya.

Lewat akun facebook franky.haryantop.1 diketahui Franky meraih gelar magister (S2) di Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta pada 2007 dan gelar sarjana (S1) di Untag Surabaya.

Masa SMA dijalani pria asal Kota Jambi, itu di SMA 66 Bango 3 Pondok Labu (Angkatan 1990). Penggemar klub bola Manchester United (MU) itu juga pernah menjabat Kanit Opsnal dan Kapolres di Sumatera.

Prestasi yang diraihnya waktu itu adalah mengungkap 9 pelaku penjualan 365 senjata laras panjang lintas Sumatera dan tiga pelaku curanmor roda dua dan empat.

Pada mutasi Pamen Polri April 2011 bagian 1, Kombes Franky yang sebelumnya menjabat Kasubag Monitor Bag Yanduan DIV Propam Polri dimutasi dalam jabatan baru sebagai Kabid Propam Polda Sumatera Selatan.

Di Polda Bali sendiri Franky lumayan kencang menangkap penyalahguna narkoba dibandingkan Dir Resnarkoba Polda Bali sebelumnya.

Dia juga pernah dipercaya sebagai Ketua Tim Panitia Test Akademik Bintara Polri yang berlangsung di GOR Ngurah Rai Denpasar, Rabu (8/6) lalu. (ken/mus/pit)

 

Tentang Kombes Pol Franky

Nama : Franky Haryanto Parapat

Tanggal Lahir : 20 Desember 1969

Pendidikan : SMA 66 Bango 3 Pondok Labu (angkatan 1990), di Jambi, S1 Untag Surabaya, S2 UGM Jogjakarta, S3 Ilmu Administrasi di Untag Surabaya

Jabatan Sebelum di Bali : Kasubag Monitor Bag Yanduan DIV Propam Polri, Kabidpropam Polda Sumatera Selatan, Dirnarkoba Polda Papua

Jabatan Terkini : Dirnarkoba Polda Bali

Dugaan Kasus : Diduga terlibat dalam kasus pemotongan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2016, dengan barang bukti uang tunai senilai Rp 50 juta (selain Franky, Kasubdit 2 dan 3 Dit Resnarkoba Polda Bali yakni AKBP Made Wedra dan AKBP I Nyoman Ardika serta Bendahara Bensat Dit Resnarkoba Polda Bali juga diperiksa).  Dugaan lain, ditengarai ada tujuh kasus narkoba di bawah 0,5 gram yang disenyapkan dengan transaksi uang  hingga mobil Toyota Fortuner keluaran tahun 2016, dengan bukti rekaman 17 Agustus 2016. Pemeriksaan dilakukan Tim Pengamanan Internal (Paminal) Mabes Polri mulai Selasa kemarin (20/9)

 

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia