JawaPos Radar | Iklan Jitu

Debat Kedua, TKN: Jokowi Bakal Beberkan Prestasinya

14 Februari 2019, 11:00:56 WIB
Jokowi-Maruf Amin
Jokowi dan Maruf Amin, dalam acara debat capres perdana, di Jakarta, Kamis (17/1) malam (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Sejumlah persiapan dilakukan dua capres, baik Jokowi dan juga Prabowo Subianto dalam menghadapi debat kedua di 17 Februari 2017 ini. Anggota Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin, Misbakhun mengatakan capres nomor urut 01 dalam debat hanya tinggal memaparkan program keberhasilannya selama empat tahun ini.

"Untuk lingkungan hidup, penegakan hukum Jokowi sangat tegas. Isu asap yang selalu ganggu, zamanya Jokowi selesai. Pemerintah jelas sikapnya bagaimana menyelesaikan masalah ini," kata Misbakhun saat menjadi narasumber diskusi 'Antara Panggung dan Subtansi' di kawasan Cikini, Jakarta, Rabu (13/2).

Politikus Partai Golkar ini menganggap, Jokowi berhasil melakukan capaian kerja di bidang infrastruktur. Sehingga hal ini akan dieksplor lebih dalam.

Kemudian di bidang sumber daya alam, prestasi Jokowi sangatlah bagi. Dia mencontohkan Freport yang berhasil dikuasai sahamnya sebesar 51 persen. Kemudian ‎pemerintahannya juga berhasil mengambil alih Blok Rokan yang selama ini dikelola perusahaan asal Amerika Serikat, Chevron.

Selanjutnya adalah ‎Pertamina juga mengambil alih pengelolaan Blok Mahakam dari dua perusahaan, yakni Total E&P dari Perancis dan Inpex Corporation asal Jepang. Keduanya telah mengelola Blok Mahakam selama 50 tahun.

"Capaian harus dihormati. Karena ini kesungguhan pemerintah ingin mewujudkan janji kampanye. Ada kelemahan iya, tapi selalu ada usaha untuk memperbaiki," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengharapkan dalam debat kedua nanti, baik Jokowi maupun Prabowo Subianto harus mampu memanfaatkan panggung yang sebentar. Sehingga bisa memaparkan program-program yang unggulannya.

"Karena metode debat sedikit banyak akan mempengaruhi respon pemilih karena debat juga merupakan bagian dari kampanye," katanya.

Pengamat politik asal UIN Jakarta itu menilai, dua paslon harus menunjukkan kemampuannya dalam mengeksplore isu. Petahana kata dia diuntungkan, karena di debat kedua ini Jokowi hanya tinggal membeberkan keberhasilan-keberhasilan sebagai kepala negara saja.

"Tema infrastruktur itu jokowi banget. Yang mampu dianggap kesuksesakan jokowi ya infrastruktur, apa saja yang sudah dibangun dan impact ekonomi yang sudah dirasakan. Mudik tidak seseram sebelumnya," pungkasnya.

Adapun debat kedua Pilpres digelar Minggu (17/2). Peserta debat adalah calon presiden. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.‎

Editor           : Kuswandi
Reporter      : Gunawan Wibisono

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up