JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tulis Puisi 'Doa Yang Ditukar', Yenny Sebut Fadli Buat NU Tak Simpati

13 Februari 2019, 09:28:42 WIB
Yenny Wahid
Yenny Wahid saat diwawancarai awak media, Kamis (13/9) (Igman Ibrahim/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Polemik puisi 'Doa Yang Ditukar' hasil karangan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon masuh berlanjut. Meski sudah didemo beberapa pihak, Fadli enggan meminta maaf kepada Kiai Maimoen Zubair atau Mbah Moen. Dia berdalih, tulisannya bukan ditujukan untuk ulama besar itu.

Terkait itu, putri presiden keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Yenny Wahid menilai, sebagai seorang publik figur termasuk Fadli memang seharusnya menjaga tutur katanya. Sebab, masyarakat akan memberikan penilaian baik atau buruk.

"Kalau saya sih sebagai seorang tokoh publik memang kita semua selayaknya menjaga sekali apa yang kita bicarakan," ujar Yenny di Rumah Situbondo Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2).

Lebih lanjut, Yenny menganggap dengan adanya puisi 'Doa Yang Ditukar', justru akan merugikan pihak Fadli. Apalagi jika terlalu bersikap keras terhadap pendapat sendiri. Mengingat, penilaian publik sudah menyimpulkan jika puisi tersebut ditujukan kepada Mbah Moen.

"Sebetulnya agak merugikan beliau (Fadli, Red) sendiri, kalau beliau mengambil sikap yang terlalu defensif," katanya.

"Walaupun tidak dikatakan secara langsung, tapi publik berkesimpulan puisi itu ditunjukkan kepada Mbah Maimoen. Mbah Maimoen ini ulama besar, maka ada adab yang harus dijaga ketika berinteraksi dengan beliau," lanjutnya.

Selain itu, puisi tersebut pun dinilai secara tidak langsung akan membuat warga Nahdliyin antipati terhadap Fadli. Karena, mereka tidak akan terima jika ulama yang dihormatinya dihina oleh seseorang.

"Warga NU merasakan kedekatan dengan Mbah Maimoen Zubair. Jadi kalau ada ekspresi tokoh mana pun kemudian seolah-olah diposisikan menyerang beliau, maka ya pasti tidak akan menimbulkan kesan yang simpati di kalangan NU," pungkas Yenny.

Editor           : Kuswandi
Reporter      : Sabik Aji Taufan
Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up