JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pemilihan Hakim MK Ditunda, Mahfud Khawatir Ada Tawar-menawar Politik

13 Februari 2019, 16:33:31 WIB
Mahfud MD
Mantan Ketua MK Mahfud MD saat diwawancara awak media (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD tak menampik adanya muatan politik dari penundaan penetapan hakim MK. Sebab DPR diketahui menunda proses seleksi hakim MK.

"Politis itu dan tidak apa memang. Kan DPR lembaga politik, haknya DPR untuk menunda atau menetapkan sekarang," kata Mahfud di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/2).

Namun, Mahfud merasa khawatir bila penundaan itu dilatarbelakangi lobi-lobi politik tertentu. Sebab hakim MK ke depan akan menyidangkan berbagai sengketa Pemilu 2109

"Sebanyak apa pun yang khawatir, cuma permainan-permainan itu terus mau diapakan? Mereka boleh melakukan permainan itu," ujarnya.

Lebih jauh, Mahfud menyebut, kekhawatiran ini terkait lobi-lobi politik berupa tawar-menawar terkait putusan di MK. Pasalnya, seorang hakim MK harus berintegritas dan tak boleh berafiliasi dengan partai politik.

"(Khawatir) saling tawar-menawar saja, ada memberi dan menerima. Nanti kalau calon disodori fakta tertentu, fakta yang tidak integritas, 'kamu besok terpilih, begini, begini'," jelas Mahfud.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III Trimedya Panjaitan memastikan pengumuman hasil uji kelayakan dan kepatutan calon hakim MK ditunda. Rapat pleno pengambilan keputusan calon hakim MK akan digelar pada Selasa, 12 Maret 2019 mendatang.

Editor           : Kuswandi
Reporter      : Muhammad Ridwan

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up