JawaPos Radar | Iklan Jitu

Catat! KPU Bakal Subsidi Kampanye Di Media untuk Peserta Pemilu

13 Februari 2019, 13:32:44 WIB
KPU
Ilustrasi: KPU (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Angin segar akan segera menghampiri peserta Pemilu 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) merencanakan pemberian subsidi untuk kampanye terbuka pada 24 Maret hingga 13 April mendatang.

Kepala Biro Teknis dan Hupmas KPU, Nur Syarifah mengatakan, penyelenggara pemilu akan membiayai pemasangan iklan kampanye di media sebanyak 3 spot dari 10 yang diperbolehkan aturan. Yaitu di televisi, media cetak dan radio. Keputusan ini sudah tertuang dalam Surat Keputusan KPU Nomor 291 Tahun 2018.

"KPU hanya bisa memfasilitasi di TV, koran dan radio itu spotnya kalau nggak salah 3," ujar Inung sapaan akrabnya di diskusi bertema 'Ruang Ide Edukasi Partai Politik Untuk Kampanye Santun' yang diselenggarakan oleh Jawa Pos di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/2).

Fasilitas tersebut diberikan KPU selama 21 hari terakhir masa kampanye. Namun, fasilitas ini hanya berlaku di tingkat pusat untuk partai politik atau paslonnya. Sedangkan untuk di tingkat daerah aturannya mengikuti aturan 10 spot yang tersedia. Nantinya iklan tersebut akan disiarkan dalam skala nasional. Serta pemilihan media akan dilakukan secara lelang.

"Tetapi hanya di tingkat pusat. Nantinya disiarkan di televisi, radio atau koran yang bersebarannya nasional," imbuh Inung.

Meski begitu, realisasi pemberian subsidi ini akan disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki kepada KPU. Untuk membahas lebih mendalam, besok, Kamis (14/2) KPU akan mengundang peserta pemilu untuk mensosialisasikan hal ini.

Nantinya akan disampaikan spesifikasi lengkap atas fasilitas KPU ini. Sementara itu untuk design iklan kampanye seluruhnya diserahkan kepada kebijakan partai.

"Besok tanggal 14 kita baru undang tim kampanye partai untuk sosialiasi. Kemudian spesifikasinya bagaimana yang akan kita sampaikan, tapi untuk design dibuat sendiri (oleh tim kampanye), KPU hanya menerbitkan," pungkas Inung.

Editor           : Kuswandi
Reporter      : Sabik Aji Taufan

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up