JawaPos Radar | Iklan Jitu

Teror Pembakaran Kendaraan Melanda Jateng, Walkot Solo Bilang Begini

12 Februari 2019, 13:40:23 WIB
Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo
Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo di Rumah Situbondo Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2). (Sabik/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Sejumlah teror pembakaran kendaraan belakangan terjadi di sejumlah wilayah Jawa Tengah. Kejadian ini lantas banyak dikait-kaitkan dengan kepentingan agenda politik 2019.

Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo mengatakan, dirinya enggan mengomentari jika teror ini dikaitkan dengan politik. Dia hanya memastikan untuk di wilayah kekuasaannya sudah dilakukan upaya antisipasi agar teror semacam ini tidak terjadi.

"Saya enggak mau bicara itu. Namun yang jelas untuk di Solo sudah kita antisipasi. Siskamling tiap hari kita hidupkan kembali," kata Rudy di Rumah Situbondo Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2).

Rudy menuturkan, di Surakarta forum Siskamling sudah diberdayakan dengan baik. Setiap Rukun Warga (RW) dibekali dengan Handy Talkie (HT). Dengan demikian kordinasi antar warga bisa semakin cepat dalam mengantisipasi teror.

"Kita kan punya forum Siskamling. Jadi antara RW 1 dan RW yang lain itu sudah kita bekali HT sehingga komunikasi itu cepat," lanjutnya. 

Lebih lanjut, Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mengaku terganggu jika teror semacam ini dikaitkan dengan politik. Hanya saja, hal itu terbilang wajar mengingat bangsa ini tengah berada di tahun politik.

"Ya mengganggu dong. Tapi kan tahun politik pasti dikait-kaitkan, saya enggak pernah mau mengkaitkan itu," tegasnya.

Meski demikian, Rudy mengatakan, tidak akan menurunkan armada TKD Jokowi-Ma'ruf untuk menangani teror ini. Sebab, kejadian seperti ini harus ditanggulangi bersama.

"Saya kira masyarakat saja lah. Teror itu kan kita nggak bicara si A, si B, si C, tapi saya instruksikan semua  RT RW untuk Siskamlingnya ditingkatkan terus," pungkasnya.

Diketahui, hingga Senin (11/2), sudah ada 27 kejadian pembakaran di empat daerah di Jawa Tengah. Kota Semarang yang terbanyak ada 17 kejadian, Kabupaten Kendal 8 kasus pembakaran, Kabupaten Semarang 1 peristiwa, dan 1 kejadian di Kabupaten Grobogan.

Editor           : Dimas Ryandi
Reporter      : Sabik Aji Taufan

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up