JawaPos Radar | Iklan Jitu

Punya Kesamaan Program Keumatan, Sandi Ajak Ma'ruf Kolaborasi

08 Desember 2018, 16:14:52 WIB | Editor: Kuswandi
Sandiaga Uno
Sandiaga Uno saat berkunjung ke kantor Jawa Pos biro Jakarta, beberapa waktu lalu (Issak Ramadhan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, Ma'ruf Amin mencanangkan program pemberdayaan santri. Kali ini lewat program Santri Bagus, Pinter Ngaji, Usahawan atau disingkat Gus Iwan. Sementara itu program serupa juga dicanangkan oleh Sandiaga Salahuddin Uno dengan Oke Oce kiai.

Melihat adanya kemiripan program, Sandi menilai bahwa program ini bisa dikombinasikan untuk kemudian dijalankan bersamaan. Dengan itu diharapkan perokoniam umat bisa terangkat.

"Kita sinergi saja, karena mungkin yang diusulkan oleh pak kiai itu bagus di beberapa bagian," ujar Sandi di Pesanggrahan Jakarta Selatan, Sabtu (8/12).

Meski keduanya merupakan pesaing di Pilpres, Sandi menilai hal itu bukan sebuah alasan tidak berjalam bersama untuk program nasional. Dengan kombinasi ini tentunya bisa saling melengkapi kekurangan setiap program.

"Kita ingin gagasan ke depan tidak saling menjatuhkan, tapi saling menguatkan demokrasi kita apalagi pak kiai kami muliakan, suatu pemikiran beliau harus juga kita bedah," sambungnya.

Sebelumnya, Ma'ruf mengatakan, saat ini tengah mengembangkan program Santri Bagus Pinter Ngaji Usahawan atau yang disingkat Gus Iwan. Program ini dibentuk untuk ikut menyokong ekonomi bangsa.

"Saya ingin mendorong lahirnya Gus Iwan-Gus Iwan ini supaya ikut memakmurkan bangsa dan negara," ujar Ma'ruf di Rumah Situbondo Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (8/12).

Nanti para santri akan diberi bekal ilmu keagamaan yang mumpuni. Setelah itu mereka akan dipandu untuk membuka usaha. Kemudian mereka akan diajari agar bisa menggaet mitra dari pengusaha kuat, sehingga bisa menjadi penyokong modal mengembangkan usaha.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up