JawaPos Radar | Iklan Jitu

Prabowo: Saya Bukan Antek Amerika Atau Tionghoa!

08 Desember 2018, 09:38:43 WIB | Editor: Kuswandi
Prabowo Subianto
Prabowo Subianto saat berpidato di hadapan kadernya beberapa waktu lalu (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Calon Presiden (Capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto mengutarakan pandangan politiknya di depan sejumlah pebisnis keturunan Tionghoa. Aspek keberagaman budaya menjadi topik pembahasannya.

Prabowo menegaskan bahwa jika nantinya tidak terpilih sebagai presiden, tekadnya yakni memberi keadilan untuk semua golongan. Tidak ada tebang pilih kekuasaan berdasarkan kelompok agama maupun kelompok suku tertentu.

"Kalau nanti saya dipilih, saya paham harus menjadi pemimpin untuk semua suku, agama, ras, semua kelompok etnis," ujar Prabowo di Sun City Jakarta, Jumat (7/12).

Mantan Danjen Kopassus itu menjelaskan bahwa siapapun warga negara berhak memiliki hak sama. Agama maupun golongan tidak bisa menjadi patokan atas hak seseorang.

Prabowo lantas mengutip kalimat dalam teks Deklarasi Kemer"Kalau nanti saya dipilih, saya paham harus menjadi pemimpin untuk semua suku, agama, ras, semua kelompok etnis," ujar Prabowo di Sun City Jakarta, Jumat (7/12).dekaan Amerika Serikat (US Declaration of Independent), yaitu, life liberty and the persuit of happines.

Meski mengutip teks negara orang, Prabowo mengaku enggan disebut sebagai antek asing. Menurutnya, setiap negara memiliki sisi baiknya, oleh karena itu sisi baik tersebut tidak ada salahnya untuk ditiru.

"Saya bukan antek Amerika, visa ke sana aja nggak dapet. Tapi kalau ada yang baik di Amerika ya kita harus hormati," kata Prabowo.

"Kalau saya hormat terhadap Tiongkok bukan saya anteknya Tiongkok, tapi saya hormat sejarah Tingkok, budaya Tiongkok," tambahnya.

Di sisi lain, mantan Pangkostrad itu mengatakan bahwa apapun etnisnya, seseorang diperbolehkan tinggal di Indonesia. Oleh sebab itu sepantasnya setiap golongan harus hidup berdampingan.

"Kalian (etnis Tionghoa, Red) bagian dari Indonesia, sama dengan suku lain. Karena itu kalian punya kewajiban yang sama, karena itu mari kita hidup rukun bersama," pungkas Prabowo.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up