JawaPos Radar | Iklan Jitu

Curhat Mendagri Tjahjo, Segini Gaji Pertamanya Saat Jadi Anggota DPR

04 Desember 2018, 17:28:54 WIB | Editor: Kuswandi
Tjahjo Kumolo
Mendagri Tjahjo Kumolo saat diwawancara awak media beberapa waktu lalu (Sabik/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Mendagri Tjahjo Kumolo menjelaskan biaya pencalonan anggota legislatif dan kepala daerah di partai politik, di hadapan Ketua KPK Agus Rahardjo. Dia menyebut untuk menjadi anggota DPR, ada yang mengeluarkan dana mencapai Rp 43 miliar.

"Seseorang jadi anggota DPR paling minim itu ada sekjen partai Rp 300 juta, tapi ada Rp 43 miliar baru mendapat 1 kursi di DPR," tuturnya pada awak media, di Hotel Bidakara, Jendral Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (4/12).

Sedangkan untuk menjadi calon kepala daerah, Tjahjo mengatakan, perlu adanya dana gotong royong dari kader partai. Menurutnya, biaya politik memang mahal.

"Kita dukung seseorang jadi gubernur. Kita tanya  mau berapa?. Misalnya Rp 1 miliar, yang lain gotong royong. Gotong royongnya bisa lebih dari Rp 50 miliar. Jadi ini lingkaran setan," ujarnya.

Di lain sisi, Tjahjo mengungkapkan jika gajinya pernah sebesar Rp 980 ribu, saat menjabat pertama kali sebagai anggota DPR RI. hal itu kata Tjahjo, ketika kurs dollar AS masih Rp 2.000 an.

"Sampai saya pensiun 2014 anggota DPR mohon maaf ya sudah hampir Rp 260 juta dengan uang tunjangan," tukasnya.

"Kini dengan gaji menteri sebesar Rp 120 juta, jadi kalau kita liatnya ke atas ya enggak akan sampai jadi saya kira bervariasi,"pungkasnya. 

(ipp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up