JawaPos Radar | Iklan Jitu

Ratusan Dewan Bolos, Ini Paripurna apa Kuburan, Sepi Banget?

03 Desember 2018, 16:42:26 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Paripurna DPR Sepi
Suasana sepi rapat paripurna di DPR. Ratusan kursi tampak tak terisi anggota dewan. (igman/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pelaksanaan Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI ke-9 untuk masa persidangan II tahun 2018/2019 agak sedikit berbeda. Kursi-kursi empuk yang biasa ditempati oleh para legislator kini tampak kosong. Suasana sidang yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah pun sepi.

Bahkan salah satu pewarta yang biasa meliput agenda di parlemen sempet berseloroh soal sepinya paripuran awal Desember itu. "Ini Paripurna apa kuburan? sepi banget," ujar si wartawan media online itu.

Kosongnya kursi yang biasa diduduki oleh para wakil rakyat itu bisa dibilang sangat mencolok mata. Misalnya saja pada posisi kursi yang terletak di bagian depan barisan. Tempat duduk yang seharusnya ditempati oleh para anggota DPR itu justru tampak kosong. Termasuk juga barisan lainnya.

Berdasarkan daftar hadir, ternyata hanya ada 289 dari 560 anggota DPR yang dianggap telah menghadiri acara tersebut. Namun faktanya, hanya 151 dari 289 orang yang dianggap telah meneken lembar presensi. Sedangkan 138 anggota lainnya berstatus izin. Sementara 271 orang lagi tidak hadir tanpa keterangan apapun.

Kendati begitu, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah tetap melanjutkan rapat paripurna lantaran jumlah anggota yang hadir menurutnya telah kuorum  untuk menggelar sidang. 

"Ada 289 anggota yang sudah menandatangani absen kehadiran dari seluruh fraksi. Kuorum telah tercapai," demikian disampaikan Fahri saat memulai acara rapat paripurna.

Adapun pembahasan rapat paripurna kali ini untuk melantik anggota Pengganti Antar Waktu (PAW) DPR RI. Setelah itu, rapat dilanjutkan dengan pembicaraan tingkat II atau pengambilan keputusan terhadap RUU tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR).

Selanjutnya, Rapat Paripurna kemudian mengagendakan penyampaian pendapat fraksi-fraksi atas RUU usul Komisi VII DPR RI tentang Minyak dan Gas Bumi (Migas). Terakhir, Rapat Paripurna mengagendakan pengesahan perpanjangan pembahasan RUU tentang Larangan Minuman Beralkohol. Ada juga pengesahan perpanjangan pembahasan RUU tentang Pertembakauan.

Berdasarkan lembar absensi yang berada di halaman rapat paripurna, berikut data kehadiran anggota DPR pada rapat paripurna tersebut:

1. Fraksi PDIP: 27 dari 109 anggota

2. Fraksi Partai Golkar: 25 dari 91 anggota

3. Fraksi Partai Gerindra: 16 dari 73 anggota

4. Fraksi Demokrat: 20 dari 61 anggota

5. Fraksi PAN: 10 dari 48 anggota

6. Fraksi PKB: 13 dari 47 anggota

7. Fraksi PKS: 10 dari 40 anggota

8. Fraksi PPP: 11 dari 39 anggota

9. Fraksi NasDem: 12 dari 36 anggota

10. Fraksi Hanura: 7 dari 16 anggota

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up