JawaPos Radar

3 Hal Menarik yang Tak Akan Dijumpai di Piala Dunia 2018

08/05/2018, 15:23 WIB | Editor: Agus Dwi W
piala dunia 2018
Paul the Octopus menjadi fenomenal di Piala Dunia 2010 berkat 'prediksinya' yang nyaris selalu akurat. (spiegel)
Share this

JawaPos.com - Setiap Piala Dunia digelar, selalu ada hal yang kerap diingat para pencinta sepak bola dunia. Bukan semata penampilan para pemain ketika berada di atas lapangan. Atau hasil pertandingan yang berakhir dramatis. Tapi juga sisi di luar pertandingan yang bahkan sempat menjadi fenomenal kala itu.

Saking terkenalnya, banyak pihak yang berharap selalu bisa melihat mereka setiap kali Piala Dunia digelar. Sayangnya, ada 3 hal yang tidak akan dijumpai di Piala Dunia 2018. Bahkan salah satunya tak akan pernah bisa dijumpai lagi di Piala Dunia setelahnya. Apa sajakah?


1. Fans Irlandia yang Sopan

piala dunia 2018
Fans Timnas Irlandia dirindukan karena sifat dan sikapnya yang ramah dan sopan. (rt.com)

Rasanya tak ada yang menilai Timnas Republik Irlandia sebagai salah satu tim besar di percaturan sepak bola dunia. Bahkan, bisa jadi jutaan rakyat Irlandia pun akan mengakui hal tersebut.

Namun, jangan sepelekan soal karakter positif yang selalu dibawa fans Irlandia. Piala Eropa 2016 menjadi saksi dari karakter dan sikap positif yang selalu ditunjukkan fans Irlandia selama berada di Prancis. Menjadi salah satu fans Timnas yang menuai banyak pujian.

Selama berada di Prancis, fans Irlandia selalu menjaga sikap dan kesopanan mereka. Fans Irlandia bisa bernyanyi bersama fans Swedia tanpa rusuh. Mampu meninabobokan anak kecil di dalam public transport. Hingga membersihkan area di mana pun mereka berada.

Atas sikap dan attitude positif yang ditunjukkan mereka di Prancis, fans Irlandia mendapat penghargaan Médaille de la Ville de Paris. Sayang, kebaikan dan kerendahan hati mereka tak akan bisa disaksikan di Piala Dunia 2016, karena Timnas Irlandia gagal di babak kualifikasi.

2. Selebrasi House Music ala Fans Belanda

Setiap fans dari negara-negara yang tampil di turnamen akbar seperti Piala Dunia memang punya ciri dan karakter yang khas. Salah satunya yang justru tak akan dilihat di Piala Dunia 2018 adalah selebrasi 'house music' yang menjadi ciri khas fans Timnas Belanda.

Ketika De Oranje mencetak gol atau meraih kemenangan, fans mereka selalu menyanyikan nada-nada ala house music. Irama yang dimunculkan dari nyanyian fans Timnas Belanda ini sudah cukup dikenal karena memberi hiburan tersendiri.

Tak jarang mereka tetap bernyanyi meski pasukan oranye Belanda tak meraih kemenangan dalam pertandingan. Dan, kemeriahan house music ala fans Timnas Belanda juga tak akan terdengar di Rusia 2018.

3. Paul the Octopus

Masih ingat dengan Gurita kecil bernama Paul yang menjadi fenomena di Piala Dunia 2010? Ya, Paul the Octopus menjadi 'maskot tidak resmi' dari Piala Dunia yang digelar di Afrika Selatan itu.

Paul menjadi fenomena karena mampu 'memprediksi' dengan tepat 12 dari 14 pertandingan di turnamen tersebut. Paul yang berada di Jerman sanggup menjadi magnet terhadap Piala Dunia yang digelar di Afrika. Termasuk memprediksi hasil di semifinal dengan tepat, yang membuat fans Jerman marah dan mengancam akan memakannya.

Paul sendiri akhirnya mati secara natural beberapa bulan setelah Piala Dunia 2010. Sempat digantikan oleh sejumlah hewan lain yang menjadi juru prediksi di gelaran Piala Dunia 2014, namun tetap tidak ada yang mampu menggantikan sosok sang gurita.

(adw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up