JawaPos Radar

Mengintip Latihan Perdana Timnas Jerman di Rusia

Laporan Langsung Wartawan Jawa Pos dari Rusia

15/06/2018, 11:31 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Timnas Jerman, Piala Dunia 2018, Latihan Perdana
Timnas Jerman saat menggelar latihan perdana di Rusia (Angger Bondan/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Timnas Jerman menjalani latihan perdana di Rusia Rabu siang lalu (13/6). Lokasinya di CSKA Sports Base. Markas latihan klub CSKA Moskow itu berada di wilayah Vatutinki, sekitar 45 km dari jantung ibu kota Rusia.

Der Panser - sebutan timnas Jerman, memang memilih tinggal di area Vatuntiki sepanjang perhelatan Piala Dunia 2018. Suasananya tenang. Vatuntiki dikenal sebagai kawasan resor papan atas. Jauh dari hiruk-pikuk aktivitas warga Moskow maupun turis. Sekaligus melindungi privasi para bintang timnas Jerman. Cocok untuk menjaga konsentrasi.

Menurut agenda yang diberikan panitia, Manuel Neuer dkk berlatih mulai pukul 11.00. Mereka tiba di lokasi dengan bus. Setelah persiapan, pemanasan dimulai. Tapi, tidak di lapangan. Para pemain nge-gym di area kebugaran yang berada di sebuah tenda di samping lapangan. Ada yang treadmill, mengangkat beban, dan menjajal sepeda statis.

Timnas Jerman, Piala Dunia 2018, Latihan Perdana
Mats Hummels melayanai permintaan tanda tangan dari fans Jerman (Angger Bondan/Jawa Pos)

Tak sampai setengah jam kemudian, para penggawa tim yang berstatus juara Piala Dunia 2014 itu menuntaskan pemanasan dan berlatih di lapangan. Der trainer Joachim Loew telah menyiapkan sejumlah menu yang harus mereka lahap.

Ketika mereka memasuki lapangan, tiba-tiba terdengar seruan-seruan bersemangat. Suara-suara kecil nan melengking menyerukan nama-nama para pemain. Mulai Mesut Oezil, Thomas Mueller, Toni Kroos, dan Marco Reus. Tak ketinggalan sang kiper, Neuer.

Suara-suara itu berasal dari anak-anak fans cilik Der Panser. Federasi sepak bola Jerman, DFB, tahu benar cara mendekatkan diri dengan fans. Mereka mengundang puluhan anak untuk menjadi tamu kehormatan pada latihan perdana Rabu lalu. Anak-anak itu adalah siswa sekolah internasional Jerman di Rusia. Didampingi beberapa guru, para tamu istimewa itu ditempatkan di tribun khusus, tepat disamping lapangan.

Bocah-bocah lucu itu datang dengan kaus seragam. Beberapa di antara mereka membawa bendera dukungan untuk Jerman yang disediakan oleh salah satu sponsor Piala Dunia 2018. Ada juga yang mengenakan atribut timnas Jerman. Mereka sangat bersemangat menyaksikan langsung aksi bintang-bintang sepak bola idolanya.

Ekspresi kagum dan decak kegirangan muncul dari tribun ketika para pemain mulai beraksi. Saat terjadi gol, mereka bersorak. "Saya senang sekali bisa melihat langsung pemain timnas. Idola saya (Manuel) Neuer," kata Oliver, salah seorang siswa.

Di pengujung sesi latihan, para siswa itu mendapatkan kesempatan emas. Beberapa pemain mendatangi mereka untuk melayani permintaan foto bareng dan tanda tangan. Wajah bocah-bocah itu pun semakin cerah.

(*/na)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up