JawaPos Radar

Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia Mulai Hinggapi Jerman

18/06/2018, 00:25 WIB | Editor: Banu Adikara
Piala Dunia 2018, Jerman, Meksiko
Timnas Jerman saat berhadapan dengan Meksiko (fifa.com)
Share this image

JawaPos.com – Kutukan kalah di laga pertama untuk juara bertahan Piala Dunia rupanya terjadi di Rusia. Jerman, sang juara Piala Dunia 2014, tumbang oleh Meksiko pada partai perdananya di Piala Dunia 2018. Die Mannschaft menyerah dengan skor tipis 0-1.

Gol semata wayang El Tri, julukan Meksiko, dilesakkan Hirving Lozano menit ke-35. Lozano memaksimalkan assist eks Manchester United Javier Hernandez untuk menaklukkan Manuel Neuer.

Kekalahan dari Meksiko membuat Jerman mengulang kutukan yang diderita Italia dan Spanyol. Setelah menjuarai Piala Dunia 2006, Italia dikalahkan Paraguay dengan skor 0-1 pada laga perdana Piala Dunia 2010. Sementara juara Piala Dunia 2010 Spanyol dihabisi Belanda 1-5 pada gim pertamanya di Piala Dunia 2014.

Kekalahan atas Meksiko sekaigus mengakhiri rekor kemenangan Jerman pada pertandingan pertama Piala Dunia sejak 1990. Sebelumnya, Jerman tidak pernah kalah pada gim perdana Piala Dunia mulai 1990 hingga 2014. Bahkan mereka mencetak 27 gol dan kebobolan tiga gol saja.

Menurut data statistik Soccerway, Jerman memiliki total 26 tembakan dan sembilan di antaranya on target. Sementara dari 13 sepakan yang dilepaskan pemain Meksiko, hanya empat yang on target.

Tak hanya menguasai serangan, Jerman juga unggul dalam ball possession. Anak asuh Joachim Low mencatat angka 67 persen, sementara Meksiko hanya 33 persen. Akurasi umpan mereka mencapai angka 86 persen.

Bagaimana dengan Meksiko? Mereka sudah bertahan sejak Carlos Vela digantikan Edson Alvarez pada menit ke-58. Alvarez adalah bek tengah. Praktis Meksiko menempatkan lima pemain di barisan pertahanan pada 30 menit akhir pertandingan.

Sistem pertahanan Meksiko layak diacungi dua jempol. Mereka melakukan 19 kali intersep dan 29 kali sapuan. Mereka juga acap kali memenangkan duel dengan persentase kesuksesan tekel mecapai 70 persen.

Selanjutnya Jerman akan bertemu Swedia pada Minggu (24/6) dini hari. Sementara Meksiko berjumpa Korea Selatan pada Sabtu (23/6) malam.(saf) 

(saf/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up