JawaPos Radar

Dihukum Seumur Hidup, Wasit Arab Saudi Terancam Gagal ke Rusia 2018

16/05/2018, 17:15 WIB | Editor: Agus Dwi W
piala dunia 2018
Fahad Al Mirdasi harus mengakhiri karir secara tragis akibat upaya mengaturan skor. (lesoir.be)
Share this image

JawaPos.com - Akibat nila setitik, rusak susu sebelanga. Itulah peribahasa yang pas untuk menggambarkan sosok wasit asal Arab Saudi, Fahad Al Mirdasi. Wasit yang masuk kategori Rising Star di level FIFA ini harus mengakhiri karir lebih cepat, bahkan secara tragis.

Pihak Asosiasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) telah menghukum wasit 32 tahun itu dengan larangan memimpin pertandingan seumur hidup. Dengan kata lain, Al Mirdasi harus menutup karirnya sebagai wasit yang justru tengah berada di puncak.

Seperti diungkap Independent, Al Mirdasi terbukti telah melakukan upaya pengaturan skor dalam laga final King's Cup akhir pekan lalu. Hal ini diketahui setelah SAFF mendapat laporan dari pimpinan Al Ittihad, Hamad Al Senaie, melalui jaringan WhatsApp.

al ittihad
Al Ittihad sukses meraih juara King's Cup tanpa butuh bantuan wasit. (arabnews.com)

SAFF pun langsung bertindak cepat. Laga final King's Cup antara Al Ittihad kontra Al Faisaly pun dipimpin wasit Mark Clattenburg. Al Mirdasi sendiri langsung jalani pemeriksaan. Dia pun akhirnya mengaku telah menawarkan diri untuk mengatur kemenangan bagi Al Ittihad.

Setelah terbukti secara sah, SAFF pun segera menghubungi FIFA untuk menambah berat hukuman yang diberikan kepada Al Mirdasi. SAFF meminta FIFA untuk memperluas hukuman seumur hidup tersebut secara global.

Ini jelas menjadi petaka bagi Al Mirdasi. Padahal seharusnya ia akan tampil memimpin laga di Piala Dunia 2018. Al Mirdasi merupakan salah satu dari 36 wasit yang sudah dipilih FIFA untuk menjadi pengadil dalam 64 laga Piala Dunia 2018.

Sebelumnya, Al Mirdasi juga memimpin laga di Piala Konfederasi 2017. Dia menjadi pengadil pertandingan perebutan tempat ketiga antara Meksiko kontra Portugal. Dalam laga tersebut dia memberi dua penalti, mengusir dua pemain di perpanjangan waktu, termasuk wasit Meksiko Juan Carlos Osorio.

Al Mirdasi juga menjadi salah satu wasit di pertandingan sepak bola Olimpiade Brasil 2016. Sayang, kini karir cemerlangnya harus berakhir secara tragis.

(adw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up