JawaPos Radar

Perebutan Tempat Ketiga

Inggris Semakin Merana, Belgia Dapat Gelar Hiburan

14/07/2018, 23:15 WIB | Editor: Bagusthira Evan Pratama
Piala Dunia 2018, Peringkat ketiga, Timnas inggris, Timnas Belgia, Belgia vs Inggris, Inggris vs Belgia
Belgia menang 2-0 atas Inggris (Dok. FIFA)
Share this

JawaPos.com - Status peringkat tiga di Piala Dunia 2018 akhirnya jatuh ke tangan Belgia. Hal ini mereka raih usai mengalahkan Inggris di Stadion Saint Petersburg, Sabtu (14/7) malam WIB.

Laga baru berjalan empat menit, gawang Inggris kawalan Jordan Pickford sudah kebobolan. Berawal dari umpan silang Nacer Chadli, bola kemudian disambar Thomas Meunier yang lepas dari kawalan.

Gol tersebut seolah menampar armada The Three Lions. Mereka coba menguasai jalannya laga. Namun bukan hal mudah untuk menerobos masuk ke jantung pertahanan Belgia. Sebab gerakan Harry Kane sebagai ujung tombak sudah terbaca oleh dua bek Belgia yang merupakan rekannya di Tottenham Hotspur, Jan Vertonghen dan Toby Alderweireld.

PerinPiala Dunia 2018, Peringkat ketiga, Timnas inggris, Timnas Belgia, Belgia vs Inggris, Inggris vs Belgia
Timnas Inggris tak berdaya menghadapi Belgia di laga perebutan peringkat tiga Piala Dunia 2018 (Dok. FIFA)

Raheem Sterling pun demikian. Ia yang biasa meliak-liuk mengelabuhi bek lawan, kini mati kutu di hadapan Vincent Kompany. Tanpa memiliki peluang berarti, Sterling terlihat kesulitan menembus pertahanan kaptennya di Manchester City.

Saat babak pertama usai, Inggris memang tercatat menguasai jalannya pertandingan. Tim asuhan Gareth Southgate unggul 56 persen banding 44 persen. Namun data tersebut tak terjadi begitu saja. Belgia rupanya sengaja menunggu kesempatan karena mereka sudah dalam keadaan memimpin.

Hal itu terlihat saat paruh kedua digulirkan. Inggris terus memegang kendali permainan. Sementara Belgia memanfaatkan transisi cepat dari bertahan ke menyerang.

Gempuran Inggris nyaris membuahkan hasil di menit 70. Eric Dier dapat lolos dari kawalan bek Belgia. Ia lalu berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang, Thibaut Courtois. Bola kemudian melewati hadangan Courtois. Namun sayang, usahanya tidak berbuah gol karena si kulit bundar dapat diblokir oleh Toby Alderweireld.

Belgia yang terus ditekan akhirnya bangkit dengan mengandalkan serangan balik cepat. Pada menit 82, mereka sukses memperbesar keadaan. Diawali dari umpan terobosan Kevin De Bruyne, bola akhirnya bersarang ke dalam gawang usai disepak oleh kaki kanan Eden Hazard.

Skor 2-0 bertahan hingga laga usai. Kekalahan ini membuat Inggris harus pulang tanpa membawa gelar apapun.

Susunan pemain
Belgia: Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Vincent Kompany; Nacer Chadli (Thomas Vermaelen 39'), Ael Witsel, Youri Tielemans (Moussa Dembele 77'), Thomas Meunier; Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Romelu Lukaku (Dries Mertens 60').

Inggris: Jordan Pickford; Phil Jones, Harry Maguire, John Stones; Ruben Loftus-Cheek (Dele Alli 84'), Eric Dier, Fabian Delph, Danny Rose (Jesse Lingard 46'), Kieran Trippier; Raheem Sterling (Marcus Rashford 46'), Harry Kane.

(bep/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up