JawaPos Radar

Berjodoh dengan Rusia, Nestor Pitana Bukan Wasit Pilihan Pertama

14/06/2018, 09:34 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Nestor Pitana, Piala Dunia 2018, Laga Pembuka, Wasit Argentina
Nestor Pitana ternyata bukan pilihan pertama untuk memimpin laga pembuka Piala Dunia 2018 (AFP)
Share this image

JawaPos.com - Nestor Pitana, wasit asal Argentina, ditunjuk menjadi pengadil dalam laga pembuka Piala Dunia 2018 antara tuan rumah Rusia melawan Aran Saudi di Grup A. Pitana sendiri bisa dibilang berjodoh dengan Rusia. Tapi, dia ternyata bukan pilihan pertama.

Seperti diketahui, empat tahun lalu, saat debut memimpin laga Piala Dunia, Pitana memulainya dalam laga yang melibatkan Rusia. Kala itu, Rusia melawan Korea Selatan dan berkesudahan 1-1. Nah, malam nanti WIB, Pitana kembali jadi pengadil untuk laga Timnas Rusia.

Kali ini, wasit asal Argentina itu yang memimpin laga pembuka Piala Dunia 2018 antara Rusia melawan Arab Saudi di Luzhniki, Moskow. Uniknya bukan Pitana wasit yang dimasukkan FIFA dalam draft jadwalnya. Terutama untuk memimpin laga pertama. Dilansir Interfax, FIFA semula memercayakan wasit dari Afrika untuk memimpin laga pembuka.

Aden Marwa Range, dialah yang harusnya bertugas di laga pertama. Sayangnya sebelum Piala Dunia 2018 berlangsung, wasit asal Kenya tersebut tersandung kasus dugaan suap di ajang Piala Afrika 2017. Dilansir Africa News, Range kepergok menerima uang hadiah dari salah satu petinggi Federasi Sepak Bola Ghana (GFA) yang ternyata menyamar sebagai wartawan.

"Dia (Range) sudah mengundurkan diri, dan kami pun tak mentolerir jika memang dia terlibat kasus penyuapan," sebut FIFA dalam rilisnya. "Pitana adalah pilihan terbaik untuk memimpin laga pembuka," klaim Deputy Chairman Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, dalam situs resmi FIFA.

(ren)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up