JawaPos Radar

Didukung Indonesia, Trio Amerika Utara Sah Gelar Piala Dunia 2026

13/06/2018, 20:43 WIB | Editor: Irawan Dwi Ismunanto
Piala Dunia 2026, FIFA, United, Amerika Serikat, Kanada, Meksiko,
Trio Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, United benar-benar unggul mutlak dalam pemungutan suara tuan rumah Piala Dunia 2026. (fifa.com)
Share this

JawaPos.com - Tiga negara Amerika Utara, yakni Amerika Serikat (AS), Kanada, dan Meksiko, akhirnya memenangi bidding untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2026. Trio yang menggunakan nama United itu meraup suara terbanyak dalam voting yang juga diikuti oleh Indonesia.

Sebelum digelarnya pemungutan suara, Presiden AS, Donald Trump, sempat mengeluarkan utimatum kepada negara-negara dunia. Ancaman ditulis Trump melalui akun Twitter pribadinya. Dia mengancam akan menghentikan bantuan kepada negara-negara yang tak memihak trio United dalam upaya menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026.

Hasilnya, United benar-benar unggul mutlak dalam pemungutan suara. Dengan total 134 suara, mereka mengalahkan kandidat lain, Maroko, yang cuma meraup 65 vote. Padahal, Maroko turut didukung beberapa negara kuat, termasuk Prancis dan Italia. Sementara, mayoritas negara anggota FIFA lain memilih United, termasuk di dalamnya Indonesia.

Didukung Indonesia, Trio Amerika Utara Sah Gelar Piala Dunia 2026

Ini adalah kali kedua AS menjadi tuan rumah dari Piala Dunia setelah pada edisi 1994 silam. Selain itu, baru kali ini juga Piala Dunia akan digelar di tiga negara sekaligus. Sebelumnya, Korea Selatan dan Jepang menjadi yang pertama berduet menggelar pesta sepak bola sejagat itu pada edisi 2002.

Para pemilih menganggap bahwa trio Amerika Utara tersebut tidak perlu melakukan persiapan besar-besaran. Pasalnya, mereka sudah memiliki 16 stadion yang direncakanan akan menggelar perhelatan akbar tersebut. Sementara, Maroko masih harus membangun dan merenovasi beberapa stadionnya.

Meski digelar di tiga negara, AS tetap mendapat jatah mayoritas sebagai penyelenggara. Dalam proposalnya, Amerika Serikat akan menyelenggarakan 60 partai. Sementara 20 partai sisanya akan digelar di Meksiko dan Kanada dengan masing-masing 10 pertandingan.

Laga final Piala Dunia 2026 rencananya akan digelar di MetLife Stadium yang memiliki kapasitas sebesar 87.000 penonton. MetLife Stadion sendiri terletak di New York dan pernah menjadi panggung dari beberapa gelaran olahraga akbar. Diantaranya adalah Super Bowl ke 48 pada tahun 2010 dan Wrestlemania ke-29 pada tahun 2013.

(ira/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up