alexametrics

Messi Dapat Ancaman, Laga Pemanasan Argentina Kontra Israel Dibatalkan

6 Juni 2018, 21:05:26 WIB

JawaPos.com – Laga pemanasan antara tuan rumah Israel melawan Argentina resmi dibatalkan. Hal itu disampaikan oleh pihak kedutaan Israel. Alasannya, bintang Argentina, Lionel Messi, mendapat ancaman dari pihak yang tidak diketahui. Kabarnya, Messi diminta untuk tak bermain di Yerusalem. Andai itu dilakukan akan terjadi sesuatu hal.

Berdasar jadwal awal, pemanasan Piala Dunia 2018 itu akan berlangsung pada Sabtu (9/6) di Yerusalem. Namun, laga tersebut dibatalkan. Sebelumnya, petinggi sepak bola Palestina mendesak agar Messi untuk tidak ambil bagian dalam laga tersebut.

“Kedutaan Israel menyesalkan bahwa pertandingan antara Israel dan Argentina telah dibatalkan,” sebut sebuah pernyataan mengacu pada ancaman dan provokasi terhadap Messi seperti dilansir Worldfootball.

Lionel Messi, Timnas Argentina, Piala Dunia 2018, Timnas Israel
Jibril Rajoub, bos Asosiasi Sepak Bola Palestina (AFP)

Sebenarnya, pembatalan laga tersebut sudah diketahui oleh media-media lokal Argentina. Menteri Luar Negeri Argentina, Jorge Faurie mengatakan kepada wartawan di Washington di sela-sela pertemuan Organisasi Negara-negara Benua Amerika bahwa dia yakin para pemain Argentina enggan melakukan perjalanan ke Israel untuk melakoni laga tersebut.

“Sejauh yang saya tahu, para pemain Argentina tidak mau memainkan pertandingan tersebut,” kata Faurie sebelum konfirmasi pembatalan.

Sementara itu, pelatih Argentina, Jorge Sampaoli, pekan lalu, mengemukakan kekhawatiran harus melakukan perjalanan ke Israel. Dia mengaku lebih suka tetap berada di Barcelona, tempat Argentina menggelar pemusatan latihan.

“Dari sudut pandang olahraga, saya lebih suka bermain di Barcelona,” beber Sampaoli.

“Tapi begitulah adanya, kami harus melakukan perjalanan pada hari sebelum pertandingan, bermain melawan Israel di Israel dan kemudian dari sana pergi ke Rusia,” imbuhnya.

Di pihak lain, pada Minggu, bos sepak bola Palestina, Jibril Rajoub mendesak Messi agar tidak bermain di pertandingan di Yerusalem tersebut. Bahkan, dia meminta kepada penggemar sepak bola Palestina untuk membakar kaus bertuliskan Messi andai tetap datang ke Yerusalem bersama Timnas Argentina dan bertanding melawan Israel.

Pada konferensi pers di Ramallah, Tepi Barat, Rajoub mengatakan kepada wartawan bahwa dia telah menulis surat kepada pemerintah Argentina, meminta agar Messi tidak ikut serta dalam pertandingan persahabatan melawan Israel. Pada akhirnya tak hanya Messi yang batal datang, Timnas Argentina dipastikan batal menggelar laga persahabatan tersebut.

“Rencana pertandingan Israel melawan Argentina telah menjadi alat politik,” kata Rajoub dalam bahasa Arab.

“Pemerintah Israel mencoba melakukan hal berbau politik dengan memaksakan laga diadakan di Yerusalem,” imbuhnya.

Asosiasi Sepak Bola Palestina akhirnya menyambut pembatalan pertandingan dan mengatakan bahwa dengan itu, olahraga tidak akan digunakan sebagai alat politik. Mereka juga memuji Timnas Argentina karena menolak untuk menggelar laga persahabatan tersebut.

Seperti diketahui, Palestina marah terkait putusan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, pada Desember lalu yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Palestina menyebut bagian timur Yerusalem dianeksasi oleh Israel, sebagai ibu kota negara masa depan mereka.

“Messi adalah simbol perdamaian dan cinta. Kami memintanya untuk tidak berpartisipasi andai laga persahabatan itu digelar. Messi memiliki puluhan juta penggemar di negara-negara Arab. Andai dia benar-benar bermain di Yerusalem, kami meminta fans sepak bola Palestina membakar kausnya. Karena, kami tidak mau Messi menjadi alat politik,” pungkas Rajoub.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (epr/JPC)

Messi Dapat Ancaman, Laga Pemanasan Argentina Kontra Israel Dibatalkan