Sikat Swiss, Lolos 16 Besar, Brasil Catat Sejarah Penting Piala Dunia

29 November 2022, 02:08:15 WIB

JawaPos.com-Timnas Brasil memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Brasil mendapatkan tiket ke fase knockout setelah mengalahkan Swiss dengan skor 1-0 pada pertandingan Grup G di Stadion 974, Doha, Qatar, Selasa dini hari WIB.

Kemenangan Brasil ini lahir berkat gol semata wayang yang dicetak oleh gelandang Manchester United Casemiro pada babak kedua. Casemiro memanfaatkan umpan dari penyerang Real Madrid Rodrygo.

Kemenangan ini membuat Brasil berada di peringkat pertama klasemen sementara Grup G dengan torehan enam poin dari dua laga, sedangkan Swiss berada di posisi kedua dengan raihan tiga poin.

Brasil menjadi negara kedua setelah Prancis yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Sedangkan Swiss masih harus berjuang di laga terakhir kontra Serbia agar bisa melangkah lebih jauh.

Dengan hasil ini, Brasil mencatat sejarah besar dan penting. Brasil resmi menjadi tim terlama yang tak pernah terkalahkan pada fase grup Piala Dunia. Brasil tidak pernah kalah dalam 17 laga di fase grup. Tim Samba melewati rekor Jerman yang mencatat 16 laga tak pernah kalah. Jerman mengukir catatan itu mulai 1990 sampai 2010.

Pada babak pertama, Brasil memberikan ancaman terlebih dahulu melalui umpan tarik dari Lucas Paqueta, namun tidak dapat disambut Richarlison sehingga peluang bola diamankan oleh Elvedi.

Brasil kembali memberikan ancaman, kali ini melalui tendangan Vinicius Junior setelah menerima umpan Raphinha, akan tetapi bola tidak menemui sasaran.

Skuad asuhan Tite terus memberikan serangan ke lini pertahanan Swiss, kali ini Raphinham melepaskan tendangan keras yang masih bisa diamankan oleh kiper Yann Sommer.

Menjelang berakhirnya babak pertama, giliran Swiss yang memberikan ancaman melalui upaya Ruben Vargas, namun bola lebih dulu diambil oleh bek Brasil Thiago Silva.

Pada babak kedua, Swiss lebih dulu melancarkan serangan ke lini pertahanan Brasil akan tetapi beberapa upaya mereka tidak dapat membuahkan hasil.

Meski begitu, Brasil mampu mencetak gol lebih dulu pada menit ke-64 melalui Vinicius Junior, akan tetapi gol selanjutnya dianulir oleh VAR karena Richarlison berada di dalam posisi offside.

8 menit sebelum waktu normal di babak kedua usai, Brasil mampu memecah kebuntuan setelah Casemiro melepaskan tendangan keras di kotak penalti Swiss yang berbuah menjadi gol sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Di sisa waktu babak kedua, Brasil berusaha untuk mempertahankan keunggulan dan Swiss tidak mampu membongkar pertahanan skuad asuhan Tite sehingga peluit panjang berbunyi skor 1-0 tetap bertahan.

Selanjutnya Brasil akan menghadapi Kamerun pada pertandingan terakhir Grup G, Sabtu dini hari WIB, sedangkan Swiss akan memainkan partai hidup mati kontra Serbia di hari yang sama.


Editor : Ainur Rohman

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua