Preview Portugal vs Uruguay: Dibumbui Aroma Dendam

28 November 2022, 21:32:05 WIB

JawaPos.com – Duel Portugal kontra Uruguay pada laga kedua fase Grup H Piala Dunia 2022 tersaji di Stadion Lusail Iconic, Selasa (29/11) dini hari WIB. Laga ini bakal dijadikan Portugal sebagai momen lolos ke fase knockout. Kemenangan bakal mengantarkan Selecao das Quinas – julukan Timnas Portugal, melaju ke babak berikutnya.

Portugal pada laga pertama berhasil menang 3-2 atas Ghana. Artinya, satu kemenangan bakal mengantarkan Cristiano Ronaldo cs melewati fase grup.

Toh, ada hal menarik lain dalam duel nanti. Pertarungan dua gaya sepak bola beda benua itu dipastikan dibumbui aroma dendam. Portugal jelas termotivasi untuk mengalahkan Uruguay setelah langkah mereka di Piala Dunia 2018 dihentikan Uruguay di babak 16 besar.

Kala itu, di babak 16 besar, Portugal kalah 1-2 dari Uruguay. Dua gol Uruguay diborong oleh Edinson Cavani. Portugal hanya bisa mencetak satu gol lewat Pepe.

Meski begitu, laga nanti bagi Portugal tak akan mudah. Masih adanya nama Cavani jelas menjadi momok di pertahanan Portugal. Belum lagi keberadaan Luis Suarez.

Kendati gagal mencetak gol atau bahkan gagal membuat peluang tepat sasaran saat menghadapi Korea Selatan dan hanya bermain imbang, permainan Uruguay terlihat tenang dan terorganisir. Dipenuhi gabungan pemain muda dan senior, Uruguay tampil percaya diri sehingga setiap tekanan lawan tak pernah membuat mereka gugup.

Di satu sisi, pelatih Timnas Portugal Fernando Santos mengaku tidak akan kesulitan menghadapi Uruguay karena tahu apa yang harus diperbaiki dari timnya. “Tidak ada yang saya khawatirkan karena saya tahu pemain-pemain saya bisa melakukan lebih baik dari itu,” kata Santos seperti dikutip Reuters. “Saya yakin sekali mereka bisa tampil jauh lebih baik dari laga sebelumnya,” jelas Santos.

Portugal yang kerap tampil tidak dengan permainan terbaik selama babak grup Piala Dunia, tak boleh melakukannya saat melawan Uruguay. Hasil seri melawan Korsel tentu membuat Cavani cs termotivasi untuk meraih kemenangan demi menjaga peluang lolos ke fase knockout.

Uruguay sejak dilatih Diego Alonso tampil apil di babak kualifikasi zona Conmebol. Alonso mampu membawa La Celeste lolos ke Qatar kendati sempat kesulitan dalam beberapa laga sebelum Alonso datang.

Rekor Pertemuan di Piala Dunia
Uruguay 2-1 Portugal (Piala Dunia 2018, 30 Juni 2018)

Perkiraan Susunan Pemain:
Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Joao Cancelo, Ruben Dias, Danilo Pereira, Raphael Guerreiro; Bernardo Silva, Ruben Neves, William Carvalho; Bruno Fernandes, Cristiano Ronaldo, Joao Felix
Pelatih: Fernando Santos

Uruguay (4-3-3): Sergio Rochet; Martin Caceres, Diego Godin, Jose Maria Gimenez, Mathias Olivera; Federico Valverde, Rodrigo Bentancur, Matias Vecino; Facundo Pellistri, Luis Suarez, Darwin Nunez
Pelatih: Diego Alonso

Statistik:
– Total pertemuan Portugal dan Uruguay adalah 3 kali. Dua laga persahabatan dan 1 laga di Piala Dunia. Dari 3 kali pertemuan, Portugal menang 1 kali, Uruguay menang 1 kali, dan 1 kali imbang.
– Cristiano Ronaldo telah mencetak 118 gol untuk Timnas Portugal.
– Cristiano Ronaldo menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam lima edisi Piala Dunia.
– Uruguay menjuarai Piala Dunia sebanyak 2 kali yakni pada 1930 dan 1950.


Editor : Edy Pramana

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua