Julian Alvarez bagi Messi Bagaikan Jorge Valdano bagi Maradona

14 Desember 2022, 21:12:59 WIB

JawaPos.com-Kabar buruk bagi siapa pun yang menghadapi Argentina di laga final Piala Dunia 2022 Qatar, Minggu (18/12). Sebab, Lionel Messi kini memiliki partner andalan lini depan yakni Julian Alvarez.

Pada semifinal dini hari tadi (14/12) WIB, Argentina mampu mengandaskan Kroasia dengan skor 3-0. Alvarez menyumbangkan dua gol pada pertandingan itu. Argentina akan menghadapi pemenang semifinal lainnya antara juara bertahan Prancis dan Maroko.

Setelah mendapatkan penalti yang memungkinkan Messi membuka skor, Alvarez kemudian membongkar pertahanan Kroasia. Pemain Manchester City itu berlari dengan bola dari dalam areanya sendiri untuk menjadikan kedudukan 2-0.

Pemain bernomor punggung sembilan itu kemudian menutup kemenangan di babak kedua. Yakni lewat penyelesaian klinis dari dalam kotak penalti setelah mendapat umpan dari aksi jenius Messi dari sayap kanan.

Penyerang berusia 22 tahun itu sekarang mendulang empat gol di turnamen ini. Itu menempatkannya hanya satu di belakang pencetak gol terbanyak bersama Messi dan Kylian Mbappe dari Prancis.

“Kami pantas mendapatkannya. Kami memainkan pertandingan hebat hari ini. Kami berada di final, itulah yang kami inginkan dan sekarang kami perlu istirahat dan berharap untuk pertandingan hebat pada hari Minggu,” kata Alvarez setelah pertandingan Selasa malam (Rabu pagi WIB), seperti dikutip AFP.

“Saya senang secara pribadi dan secara tim. Kami senang dengan cara kami bermain. Kami layak ke final. Itulah yang kami inginkan,” tambahnya.

Alvarez harus berjuang untuk masuk ke starting line-up di Piala Dunia 2022 Qatar ini. Sebab, pelatih Lionel Scaloni awalnya lebih memilih pemain Inter Milan Lautaro Martinez sebagai pemain inti di lini depan.

Alvarez mulai dari bangku cadangan saat kekalahan mengejutkan 1-2 dari Arab Saudi di laga perdana Grup C. Alvarez juga menjadi cadangan dalam kemenangan 2-0 Argentina atas Meksiko.

Alvarez masuk tim utama dalam kemenangan 2-0 atas Polandia yang memastikan lolos ke babak 16 besar . Dalam laga itu, Alvarez mencetak gol kedua. Dan sejak saat itu, dia berada di starting line-up.

Alvarez mencetak gol kedua yang penting dalam kemenangan 2-1 atas Australia di babak 16 besar. Alvarez juga bermain baik dan menyebabkan banyak masalah bagi lini pertahanan Belanda di perempat final.

Selain dua gol indahnya pada hari Selasa, Alvarez membongkar pertahanan Kroasia dengan pergerakannya yang konstan. Penampilan Alvarez itu membuat pelatih Argentina Scaloni tergetar.

“Julian bermain sangat baik, bukan hanya karena golnya tapi juga karena dia bekerja sangat keras untuk membantu melawan tiga gelandang mereka,” kata Scaloni.

“Di usianya, wajar jika dia ingin menaklukkan dunia. Dia adalah anak laki-laki yang akan melakukan apapun yang kamu katakan padanya.”

Diego Maradona memiliki Jorge Valdano sebagai strikernya di tim juara dunia 1986. Dan sekarang, Messi telah menemukan partner andalannya sendiri. Ini adalah peran yang jelas dinikmati oleh mantan penyerang River Plate itu.

Setelah mendapat tepuk tangan dari pendukungnya di Stadion Lusail, Alvarez mengarahkan pandangannya pada tantangan hari Minggu.

“Semua orang menjadi luar biasa, seperti seluruh negeri. Ini adalah kegembiraan bagi semua orang. Kami sangat senang dengan apa yang kami capai dan kami akan terus maju,” ucap Alvarez.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua