Prancis vs Polandia: Merusak Cerita Manis Woja

4 Desember 2022, 10:02:41 WIB

JawaPos.com – Empat tahun lalu, Wojciech Szczesny disebut sebagai biang keladi di balik hancurnya performa timnas Polandia dalam fase grup Piala Dunia 2018. Termasuk blundernya saat Polandia dipecundangi 1-2 oleh Senegal dalam matchday pertama.

Bialo-czerwoni –julukan timnas Polandia– harus tersingkir di fase grup ketika come back ke Piala Dunia setelah 12 tahun.

Gawang Szczesny kebobolan lima gol dalam dua laga pertama sebelum akhirnya dia duduk di bench digantikan Lukasz Fabianski saat mengalahkan Jepang 1-0 dalam matchday terakhir.

Tahun ini, Woja –sapaan akrab Szczesny– tidak kembali sebagai pecundang dan penyebab kekalahan. Sebaliknya, dia telah menunjukkan sebagai salah satu kiper terbaik di Piala Dunia 2022. Termasuk ketika dia sukses menjinakkan tendangan penalti Lionel Messi pada matchday ketiga meski hasil akhir Polandia kalah dua gol tanpa balas. Selain itu, di Qatar, Woja telah menjadi kiper dengan penyelamatan terbanyak: 18 kali.

Cerita manis Woja itulah yang bisa dirusak mesin gol timnas Prancis Kylian Mbappe dalam laga 16 besar di Al Thumama Stadium, Doha, malam nanti WIB (siaran langsung SCTV/Indosiar/Vidio pukul 22.00 WIB).

Faktanya, Mbappe-lah pemain terakhir yang menjebol gawang Woja sebelum membela timnas Polandia di Piala Dunia 2022. Tepatnya saat Juventus dikalahkan Paris Saint-Germain (PSG) 1-2 pada matchday terakhir fase grup Liga Champions 3 November lalu.

Di Qatar, Mbappe juga masih menjadi pencetak gol terbanyak Les Bleus –julukan timnas Prancis– dengan koleksi tiga gol. Donatello –julukan Mbappe– akan head-to-head langsung dengan sesama bomber elite Eropa, Robert Lewandowski. ’’Kali ini, kalian harus lebih berhati-hati. Polandia bisa menyulitkan kalian,’’ warning entraineur Prancis Didier Deschamps. Peringatan itu juga berlaku bagi Mbappe yang berambisi menciptakan lebih banyak gol di Piala Dunia 2022 ini.

Apalagi, Polandia sudah menyiapkan taktik untuk menghentikan rekor gol-golnya di fase 16 besar kali ini. Selain Woja, tactician Polandia Czeslaw Michniewicz mengaku telah memikirkan cara melimitasi pergerakan Mbappe.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ren/c17/fal

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua