Klasemen Akhir Grup E: Jepang Juara Grup, Spanyol Kedua, Jerman Out

2 Desember 2022, 04:55:05 WIB

JawaPos.com – Hasil mengejutkan terjadi di Grup E Piala Dunia 2022. Jepang yang tak diunggulkan justru menjadi juara Grup E. Sementara, Spanyol harus puas sebagai runner-up. Dan, Jerman tersingkir.

Awalnya, Grup E diyakini menjadi milik Spanyol dan Jerman. Namun, dalam prosesnya, justru kedua raksasa itu tak mampu membendung Jepang dan Jerman yang menjadi korban.

Jepang sudah mengejutkan pada laga pertama saat mengalahkan Jerman dengan skor 2-1. Tim asuhan Hajime Moriyasu itu sempat kalah 0-1 pada laga kedua dari Kosta Rika. Jepang pun diprediksi akan sulit menembus babak 16 besar karena lawan terakhir di Grup E adalah Spanyol.

Namun, Jepang membalikkan semua prediksi. Sempat tertinggal 0-1 di babak pertama, Jepang berbalik unggul 2-1 di babak kedua. Skor 2-1 bertahan hingga laga berakhir, Jumat (2/12) dini hari WIB. Jepang mengakhiri fase grup dengan 6 poin dan berhak atas juara grup.

Sementara itu, Spanyol menemani Jepang sebagai runner-up. Sebenarnya, poin Spanyol sama dengan Jerman yakni 4. Namun, Spanyol punya selisih gol lebih banyak dibanding Jerman. Hal itu tak lepas dari kemenangan besar 7-0 atas Kosta Rika pada laga pertama.

Jerman sendiri harus puas di posisi ketiga dan gagal lolos. Ini menjadi rekor buruk Der Panzer di Piala Dunia karena gagal lolos dari fase grup secara back to back. Sebelumnya, Jerman tak lolos dari fase grup pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Klasemen Akhir Grup E Piala Dunia 2022


Editor : Edy Pramana

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua