JawaPos Radar

Kampus Rasa Hindustan, UMM Punya India Corner

23/04/2018, 08:45 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
India Corner UMM
MENYEMUT: Sekitar 400 orang mengikuti senam yoga yang dipadu tiga instruktur asli dari India di UMM Malang, Minggu (22/4). (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Jawa Timur semakin menunjukkan sisi internasional. Setelah memiliki American Corner, kini mewujudkan India Corner

Rektor UMM Fauzan menjelaskan awal mual perwujudan India Corner, karena melihat euforia Bollywood yang sempat melanda Indonesia beberapa tahun yang lalu kini kembali bangkit.

Hal ini lanjut dia, ditunjukkan dengan keberadaan kebudayaan India yang masih mendapat tempat di hati masyarat Indonesia. Salah satunya melalui tayangan drama India.

India Corner UMM
INDIA CORNER: Fauzan dan Pradeep Kumar Rawat saat meresmikan fasilitas baru di UMM, Minggu (22/4). (Tika Hapsari/JawaPos.com)

Tidak hanya terkenal dengan artis, dendang musik, nyanyian, dan tarian India juga dikenal dengan seni olah kebugaran tubuh, yaitu yoga.

Fauzan berharap, India Corner dapat menjadi tempat untuk mencari dan menemukan informasi tentang pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan India.

"Seperti hari ini, kami menggelar yoga masal dengan ratusan peserta, di Helipad UMM," kata Fauzan, Minggu (22/4).

Menariknya, tiga instruktur yoga dihadirkan langsung dari India. Mereka adalah Jeevitha, Krishna Kumar, dan Guna Shekhar.

Sebagai main instruktur, Jeevithaa menyatakan bahwa Yoga penting karena dapat meningkatkan kesehatan fungsi organ tubuh, meningkatkan fokus pikiran dan relaksasi kinerja otak.

Ketika launching India Corner di UMM, bukan hanya diwarnai dengan senam yoga bersama. Namun juga dihadiri oleh Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat.

Dia mengaku sangat senang melihat antusisme peserta senam yoga di UMM hari ini. Menurutnya, yoga adalah olahraga yang tepat untuk mahasiswa yang terbiasa melakukan banyak aktivitas.

Rencananya, India Corner akan ditempatkan di lantai 3 Perpustakaan pusat UMM. Fasilitas baru ini juga dilengkapi dengan beragam literatur, foto dan segala hal soal India.

"Saya mengapresiasi UMM yang menaruh perhatian terhadap budaya India," katanya.

Hadir juga mahasiswa asing yang sedang menepuh pendidikan di UMM, Nikhil Kumar salah satunya. Mahasiswa program beasiswa Darmasiswa ini mengaku senang melihat antusiasme masyarakat Malang terhadap India sangat tinggi.

“Di India, saya sering melakukan yoga. Saya senang karena UMM mengadakan acara ini dan mempertemukan saya dengan orang-orang Malang yang sangat mengapresiasi kebudayaan India," tegas mahasiswa asal New Delhi, India tersebut.

Keberadaan India Corner UMM menambah jumlah tempat fasilitas belajar budaya dan pengetahuan umum tentang negara lain yang telah ada di UMM. Misalnya American Corner, Aussie Banget Corner, Thai Corner, dan China Corner.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up