JawaPos Radar

Ramko Rambe Yamko Berkumandang di Lebanon

18/12/2017, 21:55 WIB | Editor: Dwi Shintia
PPI Lebanon
SUKSES: Penampilan tim seni PPI Lebanon. (PPI Lebanon for JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Lebanon melalu tim seni mereka sukses memeriahkan Indonesian Day Festival. Bertajuk The Colors of Indonesia acara itu diselenggarakan oleh KBRI Beirut di Jinan University, Tripoli, Lebanon utara pada Sabtu (2/12).

Acara tersebut dihadiri oleh para pejabat daerah Tripoli, akademisi, dan mahasiswa dari berbagai universitas di penjuru lebanon.

Dibuka langsung oleh Duta Besar RI untuk Lebanon, Achmad Chozin Chumaidy, dalam sambutannya Achmad menyampaikan bahwa semangat dari acara tersebut adalah untuk terus mempererat persaudaraan antara Indonesia dan Lebanon, serta lebih memperkenalkan lagi warna-warni kebudayaan dan kesenian indonesia.

PPI Lebanon
SUKSES: Pendukung acara Indonesian Day Festival berfoto bersama. (PPI Lebanon for JawaPos.com)

Setelah berbagai sambutan selesai, tibalah rangkaian penampilan seni dipersembahkan oleh tim seni PPI Lebanon.

Penampilan yang berlangsung selama 45 menit tersebut disajikan sesuai letak geografis indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Dimulai dari penampilan Tari Saman Aceh, dilanjutkan Tari Piring dari Sumatera Barat, Rampak Gendang dari Jawa Barat, Gamelan dari Jawa Tengah, hingga ditutup dengan lagu Ramko Rambe Yamko dari Papua.

Setelah berbagai penampilan tersebut, tak kalah menariknya tim seni ini juga membawakan lagu-lagu Lebanon dengan menggunakan perpaduan alat musik modern-tradisional, berupa alat musik kolintang dan angklung.

Di antaranya adalah lagu yang berjudul Nassam 'alainal Hawa dan Ken Anna Tahoun, yang keduanya merupakan lagu dari penyanyi papan atas Lebanon, Fairuz.

Selain itu, karena masih dalam nuansa bulan Maulid Nabi Muhammad SAW, Tim seni ini juga membawakan lagu Maher Zain yang berjudul Assalamu 'Alayka. Serta kemudian ditutup dengan seni bela diri khas Indonesia, Pencak Silat yang diiringi dengan alunan gamelan dan rampak gendang.

Tim Seni yang baru terbentuk sekitar dua bulan yang lalu ini sukses membuat para hadirin memberikan tepuk tangan yang meriah.

“Terima kasih banyak atas dedikasi dan kerjasamanya kepada Tim Seni ini. Alhamdulillah penampilan hari ini mendapat sambutan yang sangat baik, para tamu undangan sangat apresiasi atas kreatifitas teman-teman sekalian,” tutur Imad Yousry, Sekretaris tiga pelaksana fungsi sosial budaya KBRI Beirut.

Ketua PPI Lebanon, Hamid Hodir mengungkapkan rasa syukurnya atas penampilan tersebut. “Tim seni yang terbilang baru terbentuk ini sukses menampilkan beragam kesenian Indonesia dengan baik. Harapannya kedepan sesuai dengan niat awal pembentukan Tim seni ini, semoga dapat lebih kreatif lagi untuk terus mempromosikan seni dan budaya indonesia di dunia, khususnya di Lebanon, atau bahkan negara-negara selain Lebanon” ujarnya. (*)

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up