JawaPos Radar

SBMPTN 2018 Resmi Dibuka, Jangkauan Peserta 10 Kali Lipat Lebih Besar

13/01/2018, 06:05 WIB | Editor: Imam Solehudin
SBMPTN 2018
Ilustrasi Ujian (Dok.JawaPos)
Share this image

JawaPos.com - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) resmi dibuka, Jumat (12/1) .

Ketua Panitia Pusat SNMPTN-SBMPTN 2017, Ravik Karsidi menyatakan pelaksanaan

SBMPTN 2018 berdasarkan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), akan ditingkatkan jumlah pesertanya hingga sepuluh kali lipat.

"Tahun 2017 21.500 peserta. Sekarang (2018) kami akan jangkau 200.000 peserta," ujar Ravik di Jakarta, Jumat (12/1).

SBMPTN tahun ini memang menyeleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Menurut Ravik, Model ujian UTBK ini menjadi embrio model penerimaan mahasiswa baru melalui Pusat Layanan Tes (Test Center), sebagaimana instruksi Menristekdikti.

Begitupula dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menyeleksi, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 akan diikuti 85 PTN.

"SNMPTN dan SBMPTN tahun ini diikuti 85 PTN dan tidak ada perubahan dengan tahun lalu" tutup Ravik.

Sementara, Menristekdikti Mohammad Natsi menyampaikan bahwa jumlah daya tampung SNMPTN paling sedikit 30 persen begitupula dengan SBMPTN.

Sementara untuk seleksi mandiri, diperbolehkan menampung paling banyak 30 persen.

"Harapannya bisa memasukkan data melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). (Hari ini) besok sudah mulai pendaftaran," ujarnya.

Nasir juga menambahkan agar perguruan tinggi bisa memperhatikan calon mahasiswa kurang mampu.

"Presiden Jokowi menyampaikan pada saya. Anak indonesia jangan sampai tidak bisa masuk ke PTN karena ada tidak bisa bayar uang kuliah," tutup dia.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up