JawaPos Radar

Penjelasan Kemen-PANRB soal Pemda Tarik Guru PNS dari Sekolah Swasta

11/07/2018, 13:05 WIB | Editor: Ilham Safutra
Penjelasan Kemen-PANRB soal Pemda Tarik Guru PNS dari Sekolah Swasta
Guru PNS saat melayani orang tua murid saat mendaftar sekolah. (CECEP MULYANA/BATAM POS/ Jawa Pos Group)
Share this

JawaPos.com - Sejumlah daerah mulai menarik guru PNS yang bertugas di sekolah swasta dan dikembalikan berdinas di sekolah negeri. Sebagai contoh yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota Batam. Sejatinya tidak ada yang salah dengan kebijakan penarikan tersebut. Sebab, sesuai ketentuan, guru PNS bekerja di instansi pemerintah.

Hingga saat ini, memang banyak guru PNS yang mengajar di sekolah swasta. Misalnya di sekolah swasta di bawah bendera Muhammadiyah. Namun, secara nasional, tidak ada angka pasti terkait jumlah guru PNS yang mengajar di sekolah swasta.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Mudzakir menyatakan, secara regulasi kewenangan mengangkat, memindahkan, dan memberhentikan PNS ada di pejabat pembina kepegawaian (PPK) masing-masing. Untuk PNS daerah kabupaten/kota, yang bertindak sebagai PPK adalah gubernur atau wali kota. Bagi PNS provinsi, PPK-nya adalah gubernur.

Penjelasan Kemen-PANRB soal Pemda Tarik Guru PNS dari Sekolah Swasta
Ilustrasi: guru saat mengajar siswanya di salah satu sekolah, Tulungagung. (Zaki Jazai/Radar Tulungagung/Jawa Pos Group)

"PNS sejatinya harus bertugas di instansi pemerintah," katanya saat dikonfirmasi kemarin (10/7). Ketentuan itu merujuk pada aturan prinsip di dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). 

(wan/c17/ami)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up