alexametrics

Hadapi Revolusi Industri 4.0, PTS Gandeng Kampus asal Tiongkok

7 Februari 2019, 05:45:05 WIB

JawaPos.com – Perguruan tinggi di Indonesia mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan global atau revolusi industri 4.0. Langkahnya dengan menggandeng pihak kampus berkualitas di luar negeri.

Sebagaimana yang dilakukan Universits Esa Unggul dengan membuka kelas internasional. Untuk menunjang program ini, perguruan tinggi swasta (PTS) itu berkolaborasi dengan beberapa universitas di Tiongkok. Di antaranya Jiangsu Second Normal University (JSNU), Nanjing Xiao Zhuang University (NXU), North China Electric Power University (NCEPU), dan Nanjing Xiao Zhuang University (NXU).

“Kami sedang berkomitmen untuk membangun pendidikan yang berkualias dan bertaraf internasional. Untuk itubekerja sama dengan universitas dari berbagai negara yang sudah maju,” ujar Direktur International Program, Universitas Esa Unggul Fransiskus Adikara dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/2).

Dikatakan Fransiskus, tiga perguruan tinggi asal negeri Tirai Bambu yang digandeng saat ini memiliki spesialisasi keahlian di bidangnya masing-masing. Untuk JSNU lebih terkenal untuk jurusan Communication and Visual Design. NXU untuk jurusan Informatics Engineering; dan NCEPU pada jurusan Industrial Engineering.

Menurut Frans, alasan pihaknya memilih bekerja sama dengan universitas di Tiongkok, mengingat negara tersebut merupakan leading country dalam bidang IT (information technology). Apalagi, Universitas Esa Unggul memiliki Prodi (program studi) Teknik Informatika terakreditasi A.

“Diharapkan, lulusan dari Joint Degree program studi Teknik Informatika yang berkerja sama dengan NXU, China mampu bersaing secara global,” tandas Frans. Seperti diketahui, pada saat ini Tiongkok merupakan lokomotif dunia dan diprediksi akan menjadi negara adidaya baru.

Pada kelas internasional ini, Universitas Esa Unggul memberikan kesempatan bagi mahasiswanya belajar langsung di Tiongkok. “Mahasiswa di international class memiliki kesempatan untuk merasakan atmosfer internasional dengan mengikuti pertukaran pelajar dan internship di luar negeri,” tandasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Yesika Dinta

Hadapi Revolusi Industri 4.0, PTS Gandeng Kampus asal Tiongkok