alexametrics

4 Langkah Bagi Orang Tua Pilihkan Sekolah Terbaik Untuk Anak

2 Mei 2019, 16:20:28 WIB

JawaPos.com – Orang tua seringkali kurang berkomunikasi dan memahami kemauan anak dalam memilih sekolah atau pendidikan untuk buah hati. Padahal, sekolah adalah rumah kedua bagi anak.

Tepat di Hari Pendidikan Nasional setiap 2 Mei, dan menjelang tahun ajaran baru, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan orang tua dalam memilih sekolah untuk anak. Ingat, sekolah harus menjadi tempat yang memberi pengalaman pendidikan untuk anak.

Sebelum memilih, pikirkan dulu, apakah Anda akan memilih sekolah negeri atau swasta atau homeschooling. Lalu mau yang mahal, murah, atau gratis dari pemerintah. Perencanaan yang matang adalah suatu keharusan. Dilansir dari Reading Rockets, Kamis (2/5), ada empat langkah untuk memilih sekolah terbaik untuk buah hati.

Langkah 1 : Pertimbangkan Reputasi Sekolah

Mulailah pencarian untuk sekolah terbaik dengan memikirkan apa yang ingin sekolah lakukan untuk anak. Perhatikan, apakah anak ingin mempelajari bahasa khusus atau ada kebutuhan tertentu di bidang tertentu. Misalnya sekolah yang fokus pada pemahaman bahasa atau aktivitas.

Langkah 2: Kumpulkan Informasi Tentang Sekolah

Jika mencari informasi untuk membeli mobil, penyedot debu, atau kulkas, biasanya dapat berbicara dengan teman dan keluarga dan menemukan informasi di Internet. Demikian pula, ketika mencari sekolah. Orang tua mungkin juga harus menelepon, mengumpulkan bahan tertulis dari tiap sekolah yang berbeda dan mencari laporan di koran atau media untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Bisa juga pergi ke pameran sekolah atau pendidikan. Ketahui juga tentang kebijakan dan layanan sekolah. Orang tua juga mungkin ingin mempertimbangkan program setelah sekolah yang ditawarkan sekolah. Misalnya, olahraga, klub, bimbingan belajar, atau pengayaan akademik, hingga ekstrakurikuler.

Langkah 3: Mengunjungi dan Mengamati sekolah

Hubungi sekolah yang Anda minati dan buatlah janji untuk berkunjung. Jika memungkinkan, kelilingi sekolah selama jam sekolah reguler dan kunjungi beberapa kelas. Hindari mengunjungi sekolah selama minggu pertama atau terakhir. Jika memungkinkan bisa menghadiri open house, pertemuan orang tua-guru, atau fungsi sekolah lainnya untuk memberikan informasi berharga tentang sikap staf, siswa, dan orang tua.

Langkah 4: Mendaftar ke Sekolah yang Dipilih

Setelah memilih sekolah yang menurut Anda terbaik untuk anak, Anda akan menjalani proses pendaftaran ke sekolah (atau sekolah) pilihan dan mendaftarkan anak. Pertimbangkan untuk melamar ke lebih dari satu sekolah, jika anak tidak diterima di pilihan pertama mereka.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani