alexametrics

Double Degree, UMS Siap Jalin Kerja Sama dengan Universitas Al Azhar

2 Mei 2018, 17:27:20 WIB

JawaPos.com – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) siap melakukan kerja sama pendidikan dengan Universitas Al Azhar, Mesir. Sejumlah bidang pendidikan dinilai sesuai untuk dilakukan kerja sama. Tidak hanya itu, UMS juga akan melakukan penjajakan untuk membuka program double degree

Abdul Mukti, Sekjen PP Muhammadiyah menjelaskan, dalam kunjungannya ke UMS, Grand Syeikh Al Azhar, Prof Dr Ahmed Mohammed Altayeb menawarkan dan memberikan kesempatan kepada UMS secara khusus dan perguruan tinggi Muhammadiyah secara umum bekerja sama dengan Al Azhar.

Kerja sama yang ditawarkan terutama dalam bidang-bidang bahasa dan ilmu-ilmu agama. “Kerja sama ini sangat penting untuk mempererat hubungan antara Muhammadiyah dengan Al Azhar dalam pengembangan perguruan tinggi,” terangnya kepada JawaPos.com, Rabu (2/5). 

Selain itu, Abdul Mukti melanjutkan, kerja sama ini sekaligus sebagai upaya untuk penguatan jaringan yang sudah terbangun sejak Kiai Ahmad Dahlan.

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Da’i, Wakil Rektor I Bidang Akademik UMS mengaku siap untuk melakukan penjajakan kerja sama dengan Universitas Al Azhar. Selama ini di UMS mengajarkan pendidikan agama Islam dan ekonomi Islam. Dan pendidikan tersebut ternyata juga dikembangkan di Universitas Al azhar. 

“Kami mencoba menjajaki agar bisa membuka program double degree dengan perguruan tinggi di Mesir, dan harapan kami di Universitas Al Azhar,” terangnya.

Menurutnya, jika ingin mengekspor pendidikan yang paling pas adalah pendidikan agama Islam. Maka dari itu, kesempatan atau tawaran kerja sama dengan Al Azhar ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pengembangan pendidikan di UMS dan juga Muhammadiyah.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Double Degree, UMS Siap Jalin Kerja Sama dengan Universitas Al Azhar